Light Dark

Jika Tidak Mendesak, Hindari Cas Powerbank di Mobil

Mobil | 23 Jun 2022, 23:00 WIB
(Ilustrasi) Saat ini mobil telah dilengkapi dengan berbagai fitur salah satunya fitur untuk mengisi daya handphone atau powerbank | Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini Mobil telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa memudahkan pengemudi, salah satunya fitur untuk mengisi daya handphone.

Namun, sampai saat ini mungkin masih banyak yang bertanya-tanya apakah mengisi daya baterai ponsel di Mobil bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. 


Advertisement

Mengutip dari Suara.com, beberapa kasus kebakaran Mobil dikaitkan dengan kebiasaan pengemudi mengecas handphone atau telepon pintarnya saat kondisi Mobil berjalan.

Baca Juga :

Nah, karena fungsi powerbank juga senada mengisi baterai ponsel yaitu menyalurkan daya listrik maka pertanyaannya menjadi:  apakah dibolehkan mengecas powerbank di mobil. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari mobil88 :

Gunakan Inverter


Advertisement
photo(Ilustrasi) Mengecas di mobil - (via androidauthority.com)

Mengisi daya powerbank di Mobil sebetulnya aman untuk dilakukan, hanya saja pengguna harus tetap mengawasi ketika melakukan pengisian daya.

Untuk charger laptop sebaiknya menggunakan inverter dari DC ke AC yang berarti butuh peralatan tambahan.

Meski begitu, pengisian daya untuk peralatan elektronik ini sebenarnya tidak dianjurkan. Pasalnya, kelistrikan di dalam Mobil tidak stabil, kadang naik dan turun, sehingga bisa merusak powerbank juga peralatan elektronik.

Hindari Mengecas Powerbank di Mobil

Walaupun risikonya sangat kecil, namun ada, jadi sebaiknya jika tidak mendesak sekali sebaiknya hindari pengisian powerbank di mobil. Selain itu, penggunaan power output untuk mengisi powerbank bisa mempengaruhi masa usia aki.

Sebaiknya masalah kelistrikan di Mobil ini lebih diperhatikan, jangan sampai hal yang sepele malah membuat Mobil jadi terbakar.

Apabila Mobil sudah pernah mengalami masalah pada kelistrikan sebaiknya diperbaiki sampai tuntas dulu. 

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran