Light Dark

3 Jenis Makanan yang Mengandung Kolagen, Baik untuk Kulit dan Tulang

Sehat | 23 Jun 2022, 12:30 WIB
Ilustrasu Makanan yang Mengandung Kolagen, Baik untuk Kulit dan Tulang | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kolagen merupakan salah satu protein utama yang dibutuhkan oleh tubuh dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.Faktanya Kolagen tipe I dan III membentuk 90 persen dari rambut, kulit, dan kuku kita. 

Tapi dari mana Kolagen berasal? Tubuh Anda secara alami dapat membuat kolagen. Selain itu, Kolagen juga diperoleh dari makanan. Adapun Makanan yang mengandung Kolagen akan diulas di sini.


Advertisement

Diketahui, untuk membantu tubuh Anda memproduksi kolagen, Anda perlu makan kombinasi Makanan yang tinggi nutrisi. 

photoIlustrasi Makanan yang Mengandung Kolagen - (Freepik)

Apa sumber Kolagen terbaik? Dalam makanan, Kolagen utama berasal dari kulit, tulang, tendon, serta ligamen daging dan ikan.


Advertisement

Meski tubuh menghasilkan Kolagen secara alami, namun seiring bertambahnya usia, produksi Kolagen pun jadi berkurang. 

Saat Anda mencapai usia 20-an, Anda perlahan-lahan mulai kehilangan Kolagen sekitar satu persen setiap tahun. 

Seiring berjalannya waktu, masalah dapat muncul sebagai bagian dari proses penuaan alami ketika jumlah Kolagen yang diproduksi oleh tubuh semakin berkurang. 

Selain itu, tubuh tidak menyerap atau mensintesis nutrisi seperti dulu di masa muda. Ini mengakibatkan Kulit Anda mulai kendur dan mengering.

Salah satu solusi untuk mengatasinya yaitu dengan mengubah pola makan Anda. Nah berikut ini beberapa Makanan yang mengandung Kolagen yang bisa Anda konsumsi yang dilansir dari suara.com.

Baca Juga :

1. Daging Sapi, Unggas, Telur, dan Ikan

Karena Kolagen ada di kulit, tulang, tendon, dan ligamen daging (sapi, unggas, ikan), maka Anda bisa memasukkan menu daging dari hewan tersebut ke dalam menu memakan Anda. Namun, banyak orang yang mungkin tidak menikmati makan bagian hewan tertentu (otak, tendon, ligamen, kaki ayam, Kulit udang) tersebut. 

Selain itu, Anda mungkin khawatir tentang lemak di Kulit unggas, misalnya. Namun para ahli mengatakan bahwa sebagian besar lemak (62%) pada Kulit ayam adalah lemak tak jenuh yang lebih sehat. 

2. Kaldu Tulang     

Kaldu Tulang berada di puncak daftar sumber Makanan yang mengandung Kolagen dalam jumlah tinggi. 

Anda bisa membeli kaldu Tulang di toko bahan Makanan atau membuatnya sendiri. Untuk membuat kaldu Tulang di rumah, cukup masak daging sapi, unggas, atau Tulang ikan dalam air. 

Selain itu, Anda dapat menambahkan sayuran (seperti bawang, wortel, dan seledri) serta rempah-rempah (seperti rosemary dan thyme) untuk menambah nutrisi dan rasa. 

Anda bisa mengikuti  resep kaldu Tulang sederhana ini jika ingin mencoba membuatnya sendiri.

3. Sumber Kolagen Selain dari Makanan Hewani

Jika dilihat dari penjelasan di atas, sumber Kolagen ini berasal dari Makanan hewani. Lantas, bagaimana cara orang mendapatkan asupan Kolagen tambahan jika tidak menyukai daging sapi, unggas, atau ikan? Apakah ada sumber kolagen vegetarian atau nabati?

Sumber Kolagen vegetarian sejauh ini tidak ada, karena Kolagen ditemukan pada hewan. Namun, Anda bisa mengonsumsi Makanan yang dibutuhkan untuk produksi Kolagen dalam tubuh, seperti Makanan tinggi vitamin C, tembaga, dan seng.

Pastikan untuk makan berbagai Makanan sehat yang kaya protein serta vitamin dan mineral untuk memungkinkan nutrisi tersedia bagi tubuh, yang mana ini berguna sebagai bahan pembangun kolagen.

Demikian informasi mengenai Makanan yang mengandung Kolagen yang bisa Anda masukan ke dalam menu harian Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | ULIL AZMI

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah