Light Dark

Tidak Hanya Karena Menstruasi, Inilah 13 Penyebab Nyeri Payudara

Sehat | 21 Jun 2022, 14:30 WIB
Tidak Hanya Karena Menstruasi, Inilah 13 Penyebab Nyeri Payudara | 123rf

SUKABUMIUPDATE.com - Nyeri Payudara biasanya umum dirasakan wanita saat menjelang Menstruasi dan selama masa menstruasi. 

Nyeri Payudara ini dapat terasa ringan hingga berat sampai bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas apa sih sebenarnya apa penyebab Payudara nyeri? Mari simak penjelasannya dibawah ini.


Advertisement

photoIlustrasi Nyeri Payudara - (IST)

Melansir dari suara.com, Payudara nyeri atau yang disebut mastalgia ini adalah kondisi yang sangat umum, terutama di kalangan wanita berusia 30 hingga 50 tahun. Ini mempengaruhi sekitar 70 persen wanita di beberapa titik dalam hidup mereka. 

Terkadang, Anda mungkin merasakan Nyeri Payudara yang tajam yang sebenarnya berasal dari dalam dada Anda. Ini disebut sebagai nyeri dinding dada. 


Advertisement

Untuk mengetahui penyebabnya, mari perhatikan ulasan di bawah ini mengenai penyebab Payudara nyeri yang dihimpun dari situs Cleveland Clinic.

Baca Juga :

Penyebab Payudara Nyeri

photoIlustrasi Nyeri Payudara - (IST)

Payudara nyeri selain disebabkan oleh menstruasi, ada juga beberapa penyebab lainnya yang meliputi sebagai berikut:

  1. Pil KB
  2. Kehamilan
  3. Infeksi
  4. Peradangan
  5. Obat infertilitas
  6. Terapi hormon
  7. Terapi radiasi sebelumnya
  8. Antidepresan
  9. Kista payudara
  10. Fibroadenoma (benjolan non-kanker)
  11. Costochondritis
  12. Memiliki Payudara yang besar
  13. Bekas luka operasi

Selain itu, ada juga beberapa aktivitas tertentu lainnya yang bisa menyebabkan Nyeri Payudara seperti berikut ini:

  • Merokok
  • Konsumsi kafein
  • Stres
  • Menyusui 

Pencegahan Payudara Nyeri

Karena Nyeri Payudara yang disebabkan oleh siklus Menstruasi adalah bagian rutin dan gejala yang memang umumnya dialami wanita, maka tidak dapat dicegah dengan tepat.

Namun, ada perubahan gaya hidup tertentu yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa gejala Nyeri Payudara tidak parah. Nah berikut ini beberapa cara untuk membantu mencegah nyeri payudara.

  • Mengurangi asupan kafein secara drastis atau menghentikannya sama sekali
  • Makan makanan yang rendah lemak
  • Mengenakan bra olahraga yang mendukung dan sangat pas, terutama saat berolahraga

Setelah mengetahui penyebab dan cara mencegahnya, mungkin ada yang penasaran berapa lama kira-kira wanita akan mengalami nyeri payudara? Nyeri Payudara mungkin akan Anda alami selama Anda masih mengalami siklus menstruasi. 

Meskipun Nyeri Payudara adalah masalah yang relatif konstan, tingkat keparahan nyeri tergantung pada bagaimana cara Anda mengatasi atau mengobatinya melalui obat pereda nyeri tertentu dan perubahan gaya hidup tertentu. 

Nyeri Payudara yang bukan disebabkan oleh siklus Menstruasi juga dapat diobati dan dikelola dengan berbagai metode kesehatan, salah satunya menjalani gaya hidup sehat.

Namun, jika Anda menyadari bahwa Nyeri Payudara belum hilang setelah tiga minggu, segera hubungi penyedia layanan kesehatan. 

Mereka dapat membantu menentukan penyebab rasa sakit yang Anda alami dan memberikan rencana perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Demikian informasi mengenai penyebab Payudara nyeri dan cara mencegahnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk selalu jaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | ULIL AZMI

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah