Light Dark

4 Tips Mengusir Nyamuk dari Rumah Tanpa Bahan Kimia

Gaya Hidup | 20 Jun 2022, 13:30 WIB
Ilustrasi Tips Mengusir Nyamuk dari Rumah Tanpa Bahan Kimia | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Turunnya hujan saat pergantian musim kerap kali diiringi dengan wabah penyakit, salah satunya adalah DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Ada juga penyakit lain yang disebabkan parasit dan hama lain, tapi Nyamuk selalu menjadi perhatian. Karena itulah, di musim ini pastikan Rumah bebas nyamuk. 


Advertisement

photoIlustrasi Nyamuk - (Unsplash)

Melansir dari tempo.co, banyak orang menggunakan obat Nyamuk atau semprotan anti nyamuk, koil, atau cairan yang mengandung Bahan Kimia atau senyawa berbahaya untuk membasmi nyamuk. 

Baca Juga :

Cara itu mungkin bisa mengusir nyamuk, tapi dapat menyebabkan masalah pernapasan. Selain berbagai penyakit dan demam, gigitan Nyamuk dan serangga juga dapat menyebabkan masalah kulit dan suaranya cukup mengganggu telinga.


Advertisement

Jika masih bingung bagaimana membuat Rumah yang bersih, segar, dan bebas Nyamuk secara alami tanpa menggunakan semprotan kimia dan insektisida, berikut ini beberapa tips dan trik sederhana yang harus dicoba.

1. Gunakan Tanaman Pengusir Nyamuk

Cara alami dan efektif untuk mencegah perkembangbiakan Nyamuk adalah dengan membawa masuk tanaman obat.

Herbal seperti kemangi cukup beracun bagi serangga dan daunnya bahkan bisa membunuh nyamuk. Letakkan tanaman ini di dekat pintu atau jendela untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Cara lainnya adalah menggunakan daun yang dihancurkan sebagai pengusir alami dan mengaplikasikannya ke seluruh tubuh untuk perlindungan terhadap gigitan. 

Sereh, serai, lemon balm, rosemary dan lavender juga dapat digunakan untuk perlindungan terhadap nyamuk.

2. Gunakan Kamper Terapi

Kamper adalah terapi tradisional untuk mengusir Nyamuk di rumah. Bau menyengat yang dihasilkannya mengusir Nyamuk secara efektif.

Ada berbagai formulasi kapur barus yang tersedia di pasaran yang dapat digunakan untuk membunuh nyamuk.

Cara yang sangat sederhana, efektif dan kuno untuk menggunakan antinyamuk ini adalah dengan menyimpannya di dalam panci dan menyalakannya di dalam ruangan tertutup selama 30 menit. 

Tablet kapur barus juga dapat dipilih dan ditempatkan dalam semangkuk air untuk mengusir nyamuk.

3. Gunakan  Minyak Esensial

Nyamuk membenci aroma minyak esensial seperti lavender dan tea tree. Aroma ini adalah terapi terbaik lainnya untuk mengusir serangga dan Nyamuk selama musim hujan.

Semprotkan aroma minyak esensial sebagai ramuan ajaib favorit. Minyak esensial juga dapat dioleskan ke tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk.

4. Wajib Membersihkan Rumah

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi jika ingin melindungi diri sendiri dan menjaga Rumah bebas Nyamuk maka jagalah kebersihan dan mengosongkan air yang tergenang di dalam atau di sekitar rumah.

Pastikan untuk membersihkan tanaman pot dan menjaga drainase yang baik di taman, kamar mandi atau balkon karena air yang terkumpul adalah tempat favorit perkembangbiakan nyamuk.

Baca Juga :

SOURCE: PINK VILLA | TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah