Light Dark

3 Cara Mengusir Kutu Rambut, Anti Ribet dan Dijamin Ampuh

Gaya Hidup | 19 Jun 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi Cara Mengusir Kutu Rambut, Anti Ribet dan Dijamin Ampuh | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu penyebab kepala gatal tak tertahankan selain ketombe, adalah Kutu rambut. Binatang kecil berwarna hitam itu kerap kali menggigit kulit kepala sehingga menyebabkan rasa gatal yang tentunya sangat mengganggu.


Advertisement
photoIlustrasi Kepala Gatal Karena Kutu Rambut - (Freepik)

Biasanya anak kecil lebih sering mendapatkan permasalahan Kutu Rambut ini. Tapi bukan berarti orang dewasa juga tidak bisa mendapatkannya.

Jika Anda sedang menghadapi permasalahan tersebut, jangan khawatir. Disini kami akan bagikan cara mengusir Kutu Rambut yang kami lansir dari suara.com.


Advertisement

Baca Juga :

1. Dengan Kondisioner

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan kondisioner pada rambut, kemudian mengusirnya dengan sisir serit.

Anda bisa mencuci Rambut dengan produk shampo terlebih dahulu, kemudian oleskan kondisioner pada seluruh permukaan Rambut dan kulit kepala.

Sisir ketika Rambut masih basah menggunakan sisir serit, dari akar hingga ujung. Bersihkan kutu, telur, atau kotoran yang terperangkap pada sisir serit tersebut dengan memasukkannya ke air hangat.

2. Obat Kutu

Jelas, obat Kutu bisa menjadi produk selanjutnya untuk digunakan dalam rangka mengatasi Kutu rambut. 

Anda tinggal mengikuti petunjuk penggunaan yang ada di kemasan obat kutu, dan merasakan manfaatnya.

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan obat Kutu adalah hindari penggunaan kondisioner sebelum pengaplikasian obat kutu, kemudian pastikan gunakan sisir steril untuk membersihkan kutu, dan hindari mencuci Rambut 1 hingga 2 hari setelah penggunaan obat kutu.

3. Minyak Esensial seperti Tea Tree Oil, Lavender, atau Minyak Nimba

Beberapa minyak esensial juga terbukti dapat digunakan sebagai cara mengatasi Kutu Rambut yang membandel. Misalnya tea tree oil, minyak lavender, atau minyak nimba.

Caranya mudah, campurkan 4 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa dengan 15 hingga 20 tetes minyak esensial. 

Selanjutnya, oleskan campuran ke kulit kepala dan seluruh permukaan rambut, lalu diamkan 12 hingga 24 jam. 

Sisir Rambut mulai dari akar hingga ujung Rambut dengan sisir steril, lalu bersihkan kutu, telur, atau kotoran yang terperangkap di sisir tersebut.

Bilas Rambut hingga bersih dengan sampo untuk menyelesaikan proses ini.

Mudah dan praktis bukan cara mengatasi Kutu Rambut di atas? Dengan tiga cara tersebut, Anda dapat mengatasi keberadaan Kutu Rambut yang membandel. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM |  I MADE RENDIKA ARDIAN

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah