Light Dark

2 Bahan Kimia dalam Pembersih Wajah yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering

Kecantikan | 16 Jun 2022, 13:30 WIB
Bahan Kimia dalam Pembersih Wajah yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah produk perawatan Kulit tentu saja memiliki jenisnya masing-masing. Sehingga saat membeli produk tersebut pasti kita akan mempertimbangkan kandungan Bahan Kimia yang bisa dipakai untuk jenis Kulit yang dimiliki.

Contohnya jika kamu memiliki jenis Kulit kering, ada beberapa Bahan Kimia yang menurut dokter Kulit wajib untuk kamu hindari agar kondisi Kulit kamu tidak bertambah buruk.


Advertisement

photoIlustrasi Pembersih Wajah - (Freepik)

Melansir dari tempo.co, dokter Kulit bersertifikat Anna Chacon dari MyPsoriasisTeam mengungkap dua bahan dalam produk perawatan Kulit yang biasa ada di Pembersih Wajah yang harus dihindari pemilik Kulit kering. 

Baca Juga :

1. Benzoil Peroksida (BP)

Meskipun bahan ini sering ditemukan sebagai bahan aktif dalam perawatan jerawat yang dijual bebas, Chacon mengatakan orang yang bermasalah dengan Kulit Kering harus menghindari benzoil peroksida (BP). Bahan ini disebut dapat memperburuk masalah. 


Advertisement

"Penting untuk diingat bahwa BP dapat membuat Kulit sangat kering, sensitif, dan bersisik," dia memperingatkan.

Seiring bertambahnya usia, Kulit secara alami menjadi lebih kering karena kelenjar penghasil minyak yang kurang aktif. Itu berarti menambahkan bahan pembersih BP ke dalam perawatan Kulit bisa memicu masalah.

"Ketika BP digunakan pada Kulit yang sudah lemah yang diperumit oleh jerawat yang didorong oleh hormon, itu menambah masalah daripada memperbaikinya." 

2. Waspadai Exfoliant

Chacon memberikan satu peringatan lagi bagi mereka yang memiliki Kulit sensitif dan kering, yakni jangan sering menggunakan produk eksfoliasi. Ini bisa membuat masalah menjadi jauh lebih buruk.

"Mirip dengan BP, menggosok berlebihan dan mengupas Kulit komponennya merusak penghalang yang menyebabkan Kulit kusam, kering, dan teriritasi," jelasnya. 

Selain berbagai asam seperti varietas salisilat dan glikolat, Chacon mengatakan harus berhati-hati tentang seberapa sering menggunakan scrub Wajah dan sikat pengelupasan.

Secara keseluruhan, penting untuk memperhatikan produk yang dipakai pada kulit. Bahan anti-jerawat dan pengelupasan Kulit adalah kunci untuk Kulit yang lebih bersih dan halus, tapi hati-hati memakainya jika ingin menghindari iritasi dan kekeringan.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | MIND BODY GREEN

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah