Light Dark

5 Masjid dengan Desain Unik yang Dirancang Ridwan Kamil

Travel | 15 Jun 2022, 18:15 WIB
Masjid-masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil kerap memiliki bentuk unik dan terkesan futuristik seperti masjid Al Irsyad ini | via khazanahmasjid.com

SUKABUMIUPDATE.com - Sebelum menjadi pejabat seperti sekarang, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dikenal sebagai arsitek. Banyak bangunan yang telah Ia rancang seperti Ningbo Newton di Tiongkok, Marina Bay Sand di Singapura termasuk beberapa Masjid di Indonesia.

Masjid-masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil kerap memiliki bentuk unik dan terkesan futuristik. Berikut masjid-masjid dengan desain unik yang dibangun Ridwan Kamil.


Advertisement

Baca Juga :

1. Masjid Al-Mumtadz

Saat ini Masjid Al-Mumtadz masih dalam tahap pembangunan, Masjid ini merupakan masjid yang dipersembahkan Ridwan Kamil untuk mendiang putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz.

Nama Al-Mumtadz sendiri diambil dari nama akhir putranya itu yakni Mumtadz. Masjid Al-Mumtadz dibangun tepat di sebelah makam Eril di Desa Cimaung Kabupaten Bandung.

2. Masjid Al-Irsyad

Masjid Al-Irsyad berlokasi di daerah Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan dirancang Ridwan Kamil pada 2010.


Advertisement

Masjid Al-Irsyad memiliki bentuk unik dengan desain artistik berupa kubus besar dan dihiasi garis-garis hitam pada bagian luarnya.

Terdapat kolam kecil di dalam Masjid ini yang terletak di depan area imam serta tidak memiliki dinding dan menghadap langsung ke arah pemandangan yang indah.

3. Masjid 99 Kubah

photoMasjid 99 Kubah - (Flickr/Ahmad Fuad Morad)

Masjid 99 Kubah terletak di daerah Sulawesi Selatan dan berhasil menjadi salah satu ikon di Sulawesi Selatan.

Masjid dengan desain yang unik dan indah memiliki warna orange mencolok dan terdapat 99 kubah. 99 Kubah sendiri menggambarkan 99 nama Asmaul Husna, yang merupakan nama-nama Allah.

4. Masjid Al-Jabar

Masjid Al-Jabbar merupakan salah satu Masjid apung yang berlokasi di Kelurahan Cimerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Desain Masjid ini cukup unik yakni memiliki atau bertumpuk yang membentuk kerucut. Karena keunikannya, banyak yang menjadikan Masjid ini sebagai objek foto.

5. Masjid Al-Azhar

Masjid Raya Al-Azhar jadi salah satu Masjid yang dirancang Ridwan Kamil selanjutnya, Masjid ini dibangun pada 2013.

Masjid Raya Al-Azhar terletak di jalan Boulevard Raya Summarecon Bekasi. Masjid ini memiliki ukuran cukup besar dan di klaim bisa menampung hingga 1.200 jamaah.

Masjid Raya Al-Azhar juga memiliki keunikan yakni desainnya yang terinspirasi dari Ka'bah di Baitullah Mekkah.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran