Light Dark

Traveloka Ungkap Wisatawan Indonesia Paling Bernafsu Liburan di ASEAN

Travel | 15 Jun 2022, 14:10 WIB
Traveloka Ungkap Wisatawan Indonesia Paling Bernafsu Liburan di ASEAN | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lain, Wisatawan Indonesia paling ‘bernafsu’ berlibur.

Hal tersebut diungkap oleh Vice President Public Policy and Government Relations, Traveloka, Widya Listyowulan berdasarkan Google Travel Demand pada Maret 2022.


Advertisement

Baca Juga :

"Begitu relaksasi border dibuka, masyarakat Indonesia ternyata sudah sangat cepat untuk book hotel dan travelling," kata Widya dalam webinar, dikutip dari suara.com pada Selasa.

Berdasarkan survei internal Traveloka, sebagian besar konsumen sudah punya rencana untuk berlibur dalam waktu tiga bulan ke depan.

Menurut Widya, pandemi mengubah pola konsumsi masyarakat terkait pariwisata. Fleksibilitas menjadi kunci utama karena banyak orang yang memilih untuk berwisata secara spontan di tengah segala ketidakpastian akibat pandemi.photoTraveloka Ungkap Wisatawan Indonesia Paling Bernafsu Liburan - (Traveloka)


Advertisement

Mengingat masih banyak perbatasan yang ditutup selama pandemi, pariwisata domestik masih jadi pilihan utama, di mana staycation juga jadi pilihan terbanyak. Ia menambahkan, kebersihan dan keamanan menjadi faktor yang mendorong konsumen memilih tempat wisata.

Pariwisata berkelanjutan juga akhir-akhir ini masuk ke dalam pertimbangan konsumen. Selain itu, tempat wisata alam menjadi pilihan yang banyak disukai konsumen saat pandemi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa jumlah kunjungan Wisatawan mancanegara ke Indonesia pada April 2022 melalui pintu masuk utama mencapai 11 ribu lebih, naik lima kali lipat atau 499 persen jika dibandingkan dengan April 2021.

Jika dibandingkan bulan sebelumnya, jumlah kunjungan Wisatawan mancanegara pada April 2022 meningkat 172 persen. Kunjungan Wisatawan mancanegara ke Indonesia didominasi oleh turis dari lima negara yaitu Australia sebanyak 14 persen, Singapura 11, 4 persen, Malaysia 7,8 persen, India 6,1 persen dan Inggris 5,5 persen.

Melihat angka-angka tersebut, Menparekraf optimistis data kunjungan Wisatawan pada Mei 2022 dan bulan-bulan selanjutnya akan meningkat secara signifikan. Ia memprediksi puncak peningkatan Wisatawan ini akan jatuh di bulan Juli dan Agustus 2022.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Noity