Light Dark

Biar Gak Lemot, Ini 4 Tips Tingkatkan Performa Smartphone Android

Gadget | 14 Jun 2022, 22:00 WIB
(Ilustrasi) Smartphone menjadi benda wajib dalam beraktivitas sehari-hari, karena itu performa smartphone android yang baik sangat diperlukan | via techjunkie.com

SUKABUMIUPDATE.com - Smartphone bagi kebanyakan orang saat ini menjadi benda wajib dalam beraktivitas sehari-hari, karena itu performa Smartphone yang baik sangat diperlukan tak terkecuali Smartphone android.

Melansir dari Suara.com, beberapa pengaturan dalam ponsel dapat membantu perangkat pengguna berjalan dengan lancar, namun pengguna harus mengetahui terlebih dahulu pengaturan mana saja yang bermanfaat.


Advertisement

Menurut laman CNET, Selasa (14/6/2022), berikut ini lima tips untuk meningkatkan Performa atau kinerja Smartphone Android lebih baik secara keseluruhan:

Baca Juga :

1. Perhatikan kecerahan layar

Pengguna dapat menonaktifkan kecerahan layar otomatis atau kecerahan adaptif dan mengaturnya ke tingkat kecerahan di bawah 50 persen, karena semakin terang layar, maka semakin banyak daya baterai yang digunakan.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan dan cari opsi Tampilan atau Kecerahan untuk menonaktifkannya.


Advertisement

2. Gunakan Adaptive Battery

Fitur-fitur ini berfokus pada mempelajari cara pengguna menggunakan ponsel, termasuk aplikasi mana yang sering pengguna gunakan, lalu mengoptimalkan aplikasi dan jumlah baterai yang digunakan.

Beberapa ponsel Android akan memiliki bagian pengaturan khusus baterai.

Smartphone pengguna mungkin juga memiliki pengaturan pengisian daya adaptif, yang dapat memantau seberapa cepat baterai ponsel mengisi daya dalam semalam untuk menjaga kesehatannya.

photo(Ilustrasi) Smartphone Android. - (via wikimedia)

3. Dark mode

Cara lain untuk meningkatkan masa pakai baterai sekaligus membantu menjaga kesehatan mata adalah dengan menggunakan dark mode.

Menurut Google, dark mode tidak hanya mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh tampilan Smartphone pada mata pengguna, tetapi juga meningkatkan masa pakai baterai.

Pasalnya, membutuhkan lebih sedikit daya untuk menampilkan latar belakang gelap pada layar OLED daripada latar belakang putih.

Untuk mengaktifkan dark mode, buka Pengaturan dan cari Dark Mode, Dark Theme, atau Night Mode.

4. Manfaatkan fitur do not disturb

Pengguna dapat mengaktifkan fitur Do Not Disturb jika tidak ingin ada notifikasi yang mengganggu di jam-jam tertentu.

Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Sounds (Suara) atau Pemberitahuan > klik Do Not Disturb atau nama serupa.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengatur rentang jam kapan pengguna ingin mematikan notifikasi Smartphone dan gangguan lainnya.

Jangan khawatir, notifikasi apapun yang masuk saat mode Do Not Disturb diaktifkan .

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran