Light Dark

Hasil Studi: 2 Pil Kontrasepsi Pria Berhasil Turunkan Jumlah Sperma

Science | 14 Jun 2022, 09:00 WIB
Hasil Studi 2 Pil Kontrasepsi Pria Berhasil Turunkan Jumlah Sperma | IST

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah suri baru menujukan tentang Pil Kontrasepsi Pria yang dapat menurunkan kadar testosteron tanpa efek samping. 

Dua Pil Kontrasepsi Pria ekperimental dinilai efektif menurunkan testosteron tanpa menyebabkan efek samping parah, lapor Hidustan Times.


Advertisement

Baca Juga :

Mengutip suara.com, dua obat itu disebut DMAU dan 11b-MNTDC. Keduanya merupakan bagian dari kelas obat yang disebut androge progestogenik. Efeknya menekan testosteron, yang menurunkan jumlah sperma.

Meski biasanya menurunkan kadar testosteron dapat menyebabkan efek samping, dalam penelitian ini hasilnya tidak begitu parah.

Pengembangan obat kontrasepsi pria ini didasarkan pada terbatasnya pilihan KB pada pria, yang mana hanya vasektomi dan kondom.photoIlustrasi Obat DMAU dan 11b-MNTDC - (SpringerLink)


Advertisement

Penelitian ini melibatkan 96 peserta pria sehat dalam dua uji klinis Fase 1. Dalam setiap percobaan, para pria secara acak ditugaskan untuk menerima dua atau empat pil oral obat aktif maupun plasebo setiap hari selama 28 hari.

Hasil menunjukkan bahwa setelah tujuh hari menggunakan obat aktif, kadar testosteron turun. Sementara pria yang menggunakan plasebo, kadar testosteron tetap dalam kisaran normal.

Pria yang mengonsumsi empat pil dosis harian (400 miligram) memiliki kadar testosteron yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi dua pil, dosis 200 miligram.

"Pengembangan metode kontrasepsi pria yang efektif dan reversibel akan meningkatkan pilihan reproduksi bagi pria dan wanita, berdampak besar pada kesehatan masyarakat dengan mengurangi kehamilan yang tidak diinginkan," kata pemimpin studi Tamar Jacobsohn dari Program Pengembangan Kontrasepsi di Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pengembangan Manusia Eunice Kennedy Shriver.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Noity