Light Dark

Tak Hanya Untuk Miss V, Ini 6 Manfaat Daun Sirih Bagi Perempuan

Sehat | 07 Jun 2022, 07:00 WIB
Tak Hanya Untuk Miss V, Ini 6 Manfaat Daun Sirih Bagi Perempuan | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Daun Sirih kerap digunakan dan dimanfaatkan untuk kesehatan dan pengobatan. Bukan hanya untuk menjaga kebersihan Miss V ternyata banyak lagi manfaat tanaman satu ini bagi perempuan.

Daun sirih sendiri memiliki beberapa kandungan seperti Vitamin C, Thiamin, Niacin, Riboflavin dan Carotene. 


Advertisement

Baca Juga :

Diketahui, Daun Sirih merupakan tanaman asli dari Indonesia yang memiliki berbagai nama seperti sireh, suro, bido, amo, dan base.

Umumnya, tanaman ini tumbuh merambat terhadap batang pohon lain. Para orang tua sering mengunyah Daun Sirih dan buahnya bersama pinang, gambir, kapur, dan tembakau.

Manfaat Daun Sirih yang sudah dikenal luas diantaranya menjaga kesehatan kulit, sebagai aromaterapi, dan untuk membersihkan  bagian intim perempuan. Selain itu, ada juga manfaat lainnya.


Advertisement

Melansir dari suara.com, berikut ini manfaat daun sirih bagi perempuan yang perlu diketahui.photoIlustrasi Daun Sirih - (Freepik)

1. Obat Penghilang Rasa Sakit

Daun sirih adalah obat penghilang rasa sakit yang baik. Anda bisa mengoleskan pasta Daun Sirih pada bagian yang sakit untuk meredakannya. Selain itu, Anda juga bisa mengunyah Daun Sirih dan minum jusnya untuk menghilangkan rasa sakit di dalam tubuh. Jika ingin menyembuhkan luka lebih cepat, Anda bisa menempelkan Daun Sirih pada luka sebelum membalutnya.

2. Menangkal Radikal Bebas dan Mengatasi Gangguan Perut

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal adikal bebas. Kandungan ini juga berguna untuk menormalkan tingkat pH dan mengatasi gngguan perut. Minum jus Daun Sirih setiap hari saat perut kosong akan menjauhkan sembelit.

3. Melancarkan Pencernaan

Daun sirih membantu melancarkan pencernaan. Sebelumnya, mengunyah Daun Sirih setelah makan siang adalah hal yang biasa. Anda bisa mencoba menambahkan Daun Sirih dan sedikit lada hitam ke dalam sepiring air mendidih untuk menyembuhkan gangguan pencernaan pada anak-anak. Saring air ini dan berikan dua sendok teh setiap hari dua kali untuk anak-anak.

4. Menjaga Metabolisme Tubuh

Daun sirih juga ideal untuk menjag metabolisme tubuh. Ini meningkatkan sirkulasi darah dan memudahkan aliran protein dan nutrisi. Racun mudah dikeluarkan dari tubuh. Penggunaan Daun Sirih secara teratur ini dapat menurunkan sakit perut dan keasaman.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun sirih membantu meningkatkan nafsu makan. Daun Sirih meremajakan hormon kelaparan dan dengan demikian meningkatkan nafsu makan dan memulihkan kesehatan. Daun Sirih dapat digunakan sebagai penyegar nafas. Ini juga melawan kuman dan bakteri di mulut. Selain itu, mengunyah Daun Sirih berguna untuk membersihkan mulut, mencegah kerusakan gigi dan memperkuat gusi. 

6. Mengobati Batuk dan Pilek

Daun sirih juga memiliki manfaat untuk mengobati batuk dan pilek serta melegakan pernafasan bagi penderita asma. Caranya, tempelkan minyak mustard pada daun sirih, panaskan dan letakkan di dada untuk menghilangkan hidung tersumbat. Rebus juga campuran kapulaga, cengkeh, kayu manis dan sirih dalam dua gelas air hingga menjadi 1,5 gelas, kemudian saring dan minum tiga kali sehari.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Noity