Light Dark

Kisah Felix, Orang Pertama di Dunia yang Terima Transplantasi Lengan Ganda

Entertainment | 13 Jun 2022, 16:30 WIB
Kisah Felix, Orang Pertama di Dunia yang Terima Transplantasi Lengan Ganda | IST

SUKABUMIUPDATE.com -  Felix Gretarsson, pria asal Islandia adalah orang pertama di dunia yang menerima transplantasi Lengan ganda.

Sebelumnya, kedua tangan Felix diamputasi 24 tahun yang lalu akibat tersengat listrik saat bekerja. Setelah menunggu donor yang tepat, akhirnya pada tahun 2021 ia menjalani operasi transplantasi di Prancis tahun lalu.


Advertisement

photoSosok Felix Gretarsson usai Lakukan Transplantasi Lengan - (YouTube Good Morning Britain)

Meski kini kondisinya kembali seperti sedia kala, masa pemulihan Felix cukup rumit.

Baca Juga :

"Ini sangat menantang dan membuat frustasi, (aku) terus mencoba melakukan sesuatu dan otot-otot tidak bergerak, tetapi imbalannya luar biasa ketika tiba-tiba mulai bisa bergerak," tutur Felix, dilansir oleh suara.com dari New York Post.


Advertisement

Bahkan, saat ini juga masih dalam proses pemulihan.

"Ini belum sepenuhnya berkembang. Aku sedang menyapu di sekolah tempo hari dan aku tidak menyadari ketika tanganku melepuh sampai aku melihat darahnya," sambungnya.

Selama masa pemulihan ini, Felix menjelaskan bahwa saraf-saraf mulai tumbuh di lengannya. Sehingga bahu dan lengannya dapat terhubung seutuhnya.

Pada awalnya hanya ada kekuatan di bisep serta trisep-nya, dan tangan adanya yang terakhir yang dapat ia gerakan.

"Tangan adalah yang paling rumit karena ada begitu banyak otot dan saraf kecil, jadi aku hampir bisa mengepalkan tangan kanan. Aku bisa menggerakkan sedikit yang sebelah kiti," lanjutnya.

Sebagai penerima donor, Felix menyarankan kepada orang-orang untuk mempertimbangkan untuk menyumbangkan anggota tubuh, tidak hanya organ saja.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah