Light Dark

Ridwan Kamil Ungkap Filosofi Hidup Eril yang Perlu Ditiru

Entertainment | 12 Jun 2022, 14:00 WIB
(ilustrasi) Ridwan Kamil mengungkap filosofi hidup putaranya Emmeril Kahn alias Eril yang pantas untuk ditiru | Instagram

SUKABUMIUPDATE.com - Ridwan Kamil mengungkap filosofi hidup putaranya Emmeril Kahn alias Eril yang pantas untuk ditiru. Hal tersebut diketahui dari unggahan Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya.

Melansir dari Tempo.co, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah foto terakhir Eril, hasil jepretannya sendiri di halaman Instagramnya, Ahad pagi, 12 Juni 2022. Foto itu diambilnya sebelum ia bertolak ke Inggris hingga terjadi musibah putranya, Emmeril Kahn Mumtadz tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss.


Advertisement

"Filosofi Hidup Eril: berjuta doa akan datang dari berjuta kebaikan yang ditaburkan,” tulis Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil pada keterangan unggahannya itu. "Ini foto terganteng, foto terakhir yang saya jepret pribadi."

Baca Juga :

Foto yang dijepret Emil itu sesungguhnya bukan yang terakhir. Istri Emil, Atalia Praratya sebelumnya mengunggah foto terakhir sang putra berdua dengannya yang diambil pada pagi hari saat Eril terseret arus deras Sungai Aare.

Seperti ditulis Atalia, hari-hari terakhir sebelum musibah, putranya tiba-tiba selalu ingin difoto, hal yang tak biasa dilakukannya, seolah ingin meninggalkan banyak kenangan. 


Advertisement

Menurut Emil yang saat mengunggah foto ini masih dalam perjalanan membawa jenazah putranya pulang ke Indonesia, mereka akan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 16 hari ini dan selanjutnya dibawa ke Bandung. "Doakan, Insya Allah lancar semua urusan perjalanan pulang ini. Aamiin," tulisnya. 

Unggahan Ridwan Kamil ini mendapatkan komentar dari Geraldine Beldi, guru di Swiss yang menemukan jenazah Eril mengapung di cekungan Bendungan Engehalde pada Rabu, 8 Juni 2022. Beldi kembali mengungkapkan duka cita.

photoGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah foto terakhir Eril, hasil jepretannya sendiri di halaman Instagramnya, Ahad pagi, 12 Juni 2022 - (Instagram/@ridwankamil)

"Saya berdoa agar di tengah kesedihan, Anda menemukan kenyamanan dalam semua kenangan menyenangkan yang dibagikan. Dengan kenangan cinta 'Emmeril. Meski tak ada kata yang benar-benar bisa membantu meringankan rasa kehilangan yang Anda tanggung, ketahuilah bahwa Anda sangat dekat dalam setiap renungan dan doa," tulisnya.

Beldi selanjutnya mengutip firman Tuhan di Alkitab. "Tuhan akan menghapus setiap air mata dari mata mereka. Tidak akan ada lagi kematian atau duka atau tangisan atau rasa sakit, karena tatanan lama telah berlalu. Beristirahatlah dalam cinta. Yesaya: 25:8 dan 38:5."

Jenazah Eril akan dimakamkan pada Senin pagi, 13 Juni 2022 di Cimaung, Kabupaten Bandung. Ridwan Kamil sudah mendesain makam putranya agar indah, bersebelahan dengan sungai dan pemandangan sawah, seperti yang disukai Eril. Ia juga tengah mendirikan Masjid Mumtadz, diambil dari nama putranya, yang bersebelahan dengan makam Eril.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran