Light Dark

4 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Jangan Sampai Terlewatkan!

Sehat | 13 Jun 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi Buah Mengkudu sangat Bermanfaat untuk Kesehatan | IST

SUKABUMIUPDATE.com - Sudah lebih dari 2000 tahun yang lalu, Buah Mengkudu atau yang dikenal dengan nama morinda citrifolia ini digunakan sebagai obat tradisional.

Buah yang memiliki nama lain "Mulberry India" dan "Nono" ini diketahui memiliki segudang manfaat bagi Kesehatan tubuh, terutama buahnya yang matang. 


Advertisement

Diketahui, Mengkudu matang sendiri memiliki rasa dan bau asam butirat yang kuat, tetapi juga memiliki sifat obat yang meningkatkan sistem kekebalan membantu dalam detoksifikasi. 

photoBuah Mengkudu - (Freepik)

Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang dirangkum oleh suara.com dari berbagai sumber.


Advertisement

Baca Juga :

1. Dapat Melawan Kanker

Pusat Kesehatan Pelengkap dan Integratif Nasional menyebutkan bahwa Buah Mengkudu cocok untuk melawan tumor dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Faktanya, National Cancer Institute percaya Buah Mengkudu dapat membantu memerangi kanker payudara dan telah mendanai penelitian pendahuluan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana memaksimalkan efektivitasnya.

Buah ini juga membantu tubuh kita melawan replikasi sel kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor. 

Selain itu, Buah ini juga mengandung set fitokimia (yang juga biasa ditemukan dalam sayuran dan rempah-rempah), zat ini memperkuat daya tahan kanker kita jika dikonsumsi secara teratur.

2. Hipertensi

Dengan kandungan fitokimia yang disebutkan di atas, bersama dengan Selenium dan Vitamin C, Buah Mengkudu ini berguna untuk melawan kerusakan radikal bebas pada dinding pembuluh darah.

Ini dikenal juga dengan istilah Alkaline, yang menjaga cairan tubuh agar tidak terlalu asam, sehingga membantu dalam melawan radikal bebas.

Selain itu juga memiliki Proxeronine, yang diperlukan tubuh untuk membuat lebih banyak Xeronine. Xeronine ini membantu mengkoordinasikan sel-sel untuk bekerja secara harmonis untuk menurunkan stres dan tekanan darah.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak efek positif yang telah ditunjukkan oleh Buah Mengkudu dalam hal melindungi Kesehatan jantung dengan meningkatkan aliran darah di arteri. 

Dengan mengatur tekanan darah, ini memastikan jantung kita tetap kuat dan sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika orang minum Jus Buah Mengkudu, ada peningkatan yang signifikan dalam profil lipid mereka (menyeimbangkan LDL dan HDL).

4. Perawatan Kulit

Buah Mengkudu memiliki kandungan yang mampu  meremajakan kulit karena banyaknya Vitamin A dan C serta antioksidan. 

Antioksidan ini membantu melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan. 

Sifat antibakteri yang ada di dalamnya membantu membersihkan kulit dari infeksi sekaligus membantu Kesehatan kulit secara keseluruhan dan memperbaiki membran sel karena asam lemak esensialnya.

Demikian informasi mengenai manfaat Buah Mengkudu yang sudah matang yang perlu diketahui. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun disarankan jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | ULIL AZMI

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah