Light Dark

5 Sayuran yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Sehat | 05 Jun 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi Sayuran yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kadar Kolesterol Tinggi dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung. Oleh karena itu, wajib untuk Anda untuk menjaga kadar Kolesterol dalam tubuh, salah satunya ialah dengan menerapkan pola makan sehat.

Kontrol Kolesterol bisa dilakukan lewat makanan, termasuk beberapa Sayuran tertentu yang dapat membantu menurunkan dan mengelola kadar kolesterol. 


Advertisement

Berikut lima Sayuran terbaik untuk menurunkan kolesterol, dilansir dari Eat This Not That oleh tempo.co.

Baca Juga :

1. Bayam


Advertisement
photoBayam - (Freepik)

Bayam mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan jantung.

Serat dapat menurunkan Kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh karena serat dan Kolesterol akan saling menempel sehingga dikeluarkan dari tubuh secara alami dan sekaligus menurunkan kolesterol.

2. Asparagus

photoAsparagus - (Freepik)

Asparagus adalah Sayuran lain yang penuh nutrisi bermanfaat. Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. 

Kaya folat, asparagus juga membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Brokoli

photoBrokoli - (Pexels.com)

Brokoli serbaguna, lezat, dan penuh nutrisi yang menyehatkan jantung dan membantu mengelola Kolesterol karena memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi.

Brokoli juga mengandung beta-karoten, yang membantu mencegah oksidasi Kolesterol jahat atau LDL dalam aliran darah.

4. Kubis

photoKubis - (Freepik)

Kubis bagus untuk menjaga jantung yang lebih sehat, mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi dari serangan penyakit jantung. 

Kubis juga mengandung vitamin C yang sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah.

5. Artichoke

photoArtichoke - (Freepik)

Artichoke tidak seperti Sayuran lain seperti brokoli atau bayam. Sayuran ini penuh vitamin dan mineral yang dapat membantu mengelola kolesterol. Artichoke tinggi serat, magnesium, dan antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten.

Sayuran ini juga mengandung vitamin K, yang membantu mencegah pembentukan gumpalan darah di dalam arteri dan dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah