Light Dark

Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Sebabkan Mobil Terbalik

Mobil | 02 Jun 2022, 17:45 WIB
(Ilustrasi) Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab mobil terbalik saat kecelakaan | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa kecelakaan bisa menyebabkan Mobil terbalik, ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab Mobil terbalik saat kecelakaan. Pengemudi harus mengetahui faktor-faktor tersebut agar bisa meminimalisir kendaraan terbalik.

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan kendaraan terbalik saat mengalami kecelakaan seperti dirangkum dari berbagai sumber.


Advertisement

1. Melebihi Kecepatan

Berkendara dengan kecepatan yang berlebihan bisa memicu Mobil terbalik di jalan.

Overspeed dapat menyebabkan pengemudi kehilangan kendali atas Mobil terutama saat di jalan menikung, Mobil bisa menabrak pembatas jalan lalu terbalik akibat overspeed.

Baca Juga :

2. Kelelahan

Kelelahan bisa menyebabkan pengemudi terserang microsleep sehingga bisa kehilangan kendali atas kendaraannya yang dikemudikannya.


Advertisement

Microsleep bisa terjadi mulai dari dua hingga 30 detik. Meski sebentar, hal itu cukup menjadi faktor penyebab kecelakaan.

Saat pengemudi tertidur dalam waktu sekian detik kemudian terbangun biasanya mereka akan kaget dan panik, lantas melakukan manuver tajam yang bisa membuat Mobil terguling.

photoMobil terbalik - (iStock)

3. Berkendara Secara Zig-zag

Mengemudi dengan cara berjalan zig-zag dalam kecepatan tinggi juga bisa menyebabkan Mobil terbalik.

Apalagi jika kamu tidak memiliki kemampuan mengemudi yang andal maka Mobil akan semakin sulit dikendalikan. Sudah banyak kasus Mobil terbalik akibat gaya mengemudi seperti itu.

4. Tidak Kuat Nanjak

Mobil tidak kuat saat melewati jalan menanjak juga menjadi faktor penyebab Mobil terbalik. Mobil umumnya akan kembali mundur dan pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraannya.

Mobil tidak kuat nanjak bisa disebabkan berbagai hal seperti kampas kopling aus, kelebihan muatan dan sebagainya.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran