Otak Encer! 2 Pelajar Kota Sukabumi Raih Emas di Kejuaraan Sains Nasional

Rabu 01 Juni 2022, 17:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dua pelajar di Kota Sukabumi bikin bangga. Saeful Abdulrahman, siswa SMP Negeri 13 dan Haryorie Anatta, Siswi SMA BPK Penabur Kota Sukabumi sukses meraih medali emas pada kejuaraan sains tingkat nasional.

Saeful Abdulrahman, siswa SMP Negeri 13 Kota Sukabumi mendapatkan medali emas pada Olimpiade Sains Nasional tahun 2022. Atas prestasinya, siswa kelas sembilan tersebut, juga diberi penghargaan oleh Wali Kota, Achmad Fahmi, dalam kegiatan Aksi Remaja Cegah Stunting di Lapang Merdeka, 30 Mei lalu.

Saat diwawancarai, Saeful menyatakan bangga berhasil mengharumkan nama Kota Sukabumi di ajang nasional dan mengharapkan prestasi lainnya dapat diraih dimasa mendatang. "Persiapan menghadapi Olimpiade Sains cukup serius dengan mengurangi waktu bermain," jelas Saeful Abdulrahman dikutip sukabumiupdate.com dari portal resmi Pemkot Sukabumi, Rabu, 1 Juni 2022.

Prestasi Saeful tak lepas dari bimbingan para guru di sekolahnya. Untuk materi bidang lomba IPA, ia diberikan waktu belajar ekstra. 

Masih dikutip dari sumber yang sama, Haryorie Anatta, Siswi SMA BPK Penabur juga tampil sebagai pemenang dan meraih Medali Emas pada Kompetisi Sains Nasional. Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi juga memberikan penghargaan Haryorie Anatta, yang mendapatkan medali emas dalam Lomba Bidang Ekonomi, diajang Kompetisi Sains Nasional, yang berlangsung bulan November 2021 silam.

Penghargaan tersebut diberikan dalam puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional di SMA Negeri 1, pada 13 Mei 2022 lalu. Dalam kesempatan itu, Haryorie Anatta mengatakan untuk mengikuti lomba, ia mempersiapkan diri selama satu tahun, sejak 2020.

Baca Juga :

"Melalui pelatihan dari sekolah maupun secara mandiri. Prestasi ini diluar dugaan, terlebih lomba tersebut menyajikan persaingan ketat, karena diikuti peserta dari seluruh provinsi di Indonesia," jelas Haryorie Anatta.

Siswi SMA BPK Penabur ini menjelaskan tahapan lomba yang diikutinya. Mulai dari tes tertulis, membuat makalah, presentasi, menyusun business plan, dan trading saham. Prestasi Haryorie Anatta juga tak terlepas dari bimbingan para guru di sekolahnya.

Ditempat dan waktu terpisah, Wali Kota Achmad Fahmi, menjelaskan data Badan Pusat Statistik (BPS), menunjukkan secara makro terjadi peningkatan karena indeks pendidikan tahun 2021 mencapai 70,41 persen. Kota Sukabumi menempati peringkat lima besar di Jawa Barat. 

Sedangkan Angka Partisipasi Murni untuk pendidikan SD sebesar 97,99 persen, SMP 83,17 persen dan SMA 70,61 persen. Wali Kota menegaskan dari APM SMP dan SMA, masih menunjukkan pekerjaan besar yang harus dilakukan oleh semua pihak dalam dunia pendidikan.

"Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen memajukan pendidikan warganya. Dibuktikan melalui peningkatan program satu kelurahan satu sarjana, karena pada tahun ini menjadi satu kelurahan dua sarjana," jelas Fahmi dalam acara Halal bihalal Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Sukabumi, pada 21 Mei 2022 lalu, dikutip dari portal resmi Pemkot Sukabumi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 18:39 WIB

5 Partai Resmi Berkoalisi di Pilkada Sukabumi 2024: Optimis Rebut Kursi Bupati

Menghadapai perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang, 5 partai di Kabupaten Sukabumi resmi berkoalisi, yaitu PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP.
5 partai politik resmi berkoalisi di Pilkada 2024 Kabupaten Sukabumi, Sabtu 04 Mei 2024 | Foto : Asep Awaludin
Life04 Mei 2024, 18:00 WIB

9 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak

Membesarkan dan mendidik anak merupakan hal yang terkadang sulit. Sehingga orang tua tidak boleh mengeluarkan kalimat yang membuat anak trauma.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak. Sumber : pexels.com/@Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 17:01 WIB

Edarkan Sabu, Pemuda Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba jenis Sabu
DAM (31 tahun), pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat peredaran Sabu | Foto : Ist
Musik04 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya

Simak Lirik dan Terjemahan Too Much Of A Good Thing Berikut, Lagu Niki Zefanya yang Baru Dirilis pada Jumat, 3 Mei 2024.
Official Music Video Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya (Sumber : YouTube/NIKI)
Sukabumi04 Mei 2024, 16:10 WIB

Motif Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi, Diduga Tolak Hubungan Sesama Jenis

Polisi mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang asisten rumah tangga bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun) di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
A (20 tahun) pelaku pembunuhan pembantu di Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Mei 2024, 16:00 WIB

Menyebabkan Perpisahan, 6 Tanda Pasangan Anda Tidak Bahagia Hidup Bersama

Hubungan yang tidak sehat bisa menyebabkan perpisahan. Oleh sebab itu, setiap pasangan harus paham tanda bahwa kekasih sudah tidak bahagia.
Ilustrasi. Tanda pasangan sudah tidak bahagia. Sumber foto : Pexels/Vera Arsic
Sukabumi04 Mei 2024, 15:45 WIB

Usia 20 Tahun, Ini Tampang Pelaku Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi

Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan bahwa pelaku berhasil di tangkap di wilayah Parungkuda.
Tampang pelaku pembunuhan pembantu di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi04 Mei 2024, 15:00 WIB

Info Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur

Simak Informasi Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur
Ilustrasi. Melamar Kerja. Info Magang di Perusahaan Makanan,  Penempatan Cakung Jakarta Timur (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)