Sekdisdik Kabupaten Sukabumi: Literasi Digital Kebutuhan Bagi Tenaga Pendidik

Selasa 31 Mei 2022, 11:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di era society 5.0, pengaruh Digital sangat kuat terhadap kehidupan sosial masyarakat. Bagi yang tidak mau beradaptasi, maupun meningkatkan kompetensi di bidang Digital, adalah langkah awal menuju kemunduran. Sehingga, literasi digital merupakan kebutuhan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Khusyairin, yang mewakili Kadisdik Solihin dalam acara Roadshow Workshop Literasi Digital Jawa Barat hari kedua, Selasa (31/5/2022), di Aula Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jalan Pelabuhan II, Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar.

Di hadapan puluhan kepala sekolah SMP di Kabupaten Sukabumi yang menjadi peserta workshop ini secara onsite dan online via zoom, Khusyairin menjelaskan bahwa di zaman digital, teknologi informasi memegang peranan penting dalam hal mendukung profesi tenaga pendidik serta pemimpin satuan pendidikan.

"Momen ini adalah momen yang paling baik dalam rangka meningkatkan kompetensi kita. Sehingga nanti apa yang menjadi pekerjaan kita, apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi kita, ketika itu dipadukan dengan digitalisasi, maka insyaallah pekerjaan akan lebih mudah dan lebih cepat berkembang, atau syukur-syukur kita akan menjadi generasi yang cepat maju," ujarnya.

Baca Juga :

Anak Muda Sukabumi Serukan Internet Sehat, Jawa Barat Makin Cakap Digital

Menurut Khusyairin, digitalisasi sudah masuk ke seluruh lini. Tidak hanya di lingkungan pendidikan, di lingkungan masyarakat awam, petani, hingga buruh, semua sudah serba digital. Siapa yang bisa beradaptasi dengan digital, maka dialah yang akan memimpin dunia ini.

"Memimpin dunia di masa digital ini adalah bukan ditentukan dengan berapa kekuatan, kemampuan, kekayaan kita, tetapi seberapa bisa kita menguasai digital. Digital inilah yang akan menjadi media terhebat, tercepat, dalam rangka menunjang pekerjaan kita sehari-hari," ungkapnya.

photoSekdisdik Kabupaten Sukabumi, Khusyairin, S.Pd., SE, MM., M.Si. - (Istimewa)</span

Sambutan dari Sekdisdik Kabupaten Sukabumi ini menjadi pembuka acara Roadshow Workshop Literasi Digital Jawa Barat hari kedua di Sukabumi.

Bertajuk "Sukabumi #makincakapdigital", workshop ini terbagi dua sesi. Sesi pertama adalah materi "Literasi Media Digital Mengenai Pers Profesional Menurut UU Pers" dengan pemateri Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS), Hendrayana, S.H., M.H. Kemudian dilanjut materi "Menembus Meja Redaksi, Menulis Siaran Pers/Rilis" oleh Redaktur Eksekutif SukabumiUpdate.com Muhammad Gumilang.

Untuk sesi penutup atau kedua, yaitu materi "Waspada Disinformasi, Perlindungan Data Pribadi, Privasi dan Kiat Lawan Hoaks" yang pematerinya diisi oleh Koordinator Pengembangan Program ICT Watch, Abigail Bernadette dan Deputi Direktur Eksekutif ICT Watch, Widuri.

Untuk warga yang ingin mengikuti materi dari acara bisa bisa mengakses semua link media sosial kita, karena acaranya juga disiarkan secara online live medsos dari sejumlah akun dan platform, salah satunya lewat kanal youtube internet sehat, atau melalui akun facebook, Youtube dan instagramnya sukabumiupdate.com.

Acara ini hasil kolaborasi SUKABUMIUPDATE.COM dengan Perkumpulan Mitra TIK Indonesia (ICT Watch), SUARA.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Universitas Nusa Putra, Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Portkesmas.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi