Anak Muda Sukabumi Serukan Internet Sehat, Jawa Barat Makin Cakap Digital

Senin 30 Mei 2022, 11:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan anak muda di Sukabumi menyerukan internet sehat dengan mengkampanyekan gerakan cakap digital. Seruan ini disampaikan secara hibrid dari masing-masing sekolah dan kampus yang hari ini, Senin 30 Mei 2022 dalam Roadshow Workshop Literasi Digital Jawa Barat.

Secara onsite, acara yang menghadirkan banyak narasumber kompeten ini berlangsung di Kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi di jalan raya Cibolang. Diikuti tak hanya oleh mahasiswa Nusa Putra tapi juga dari sejumlah kampus dan lembaga serta organisasi kepemudaan.

Acara hasil kolaborasi Perkumpulan Mitra TIK Indonesia (ICT Watch), SUARA.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, dan SUKABUMIUPDATE.COM ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan Universitas Nusa Putra juga diikuti ratusan pelajar dari banyak sekolah di Sukabumi secara daring atau online. Mulai dari SMKN 1 Kota Sukabumi, SMKN 1 Cibadak, SMA PU Albayan Cibadak, SMAN Parakansalak, dan SMKS Teknika Cisaat.

Literasi digital menjadi tantangan bagi Indonesia yang memiliki pengguna Internet tak kurang dari 204,7 juta jiwa, dengan 191,4 juta diantaranya adalah pengguna media sosial. Ini jadi tantangan tersendiri, karena penggunaan media sosial yang besar itu belum seiring dengan dengan kemampuan literasi digital yang memadai warganet Indonesia.

photoPelajar dari 5 sekolah serukan internet sehat, dalam Sukabumi Cakap Digital Day 1, 30 Mei 2022 - (istimewa)</span

"Khususnya dalam berpikir kritis, etika bermedia sosial, menghormati privasi, serta menjaga data pribadi dan keamanan digitalnya," tulis Roadshow Workshop Literasi Digital Jawa Barat dalam rilisnya.

Tanpa kemampuan literasi digital yang memadai, maka penggunaan Internet justru akan meningkatkan problematika tersendiri. Mulai dari maraknya hoaks, pencurian data pribadi serta ujaran kebencian / SARA.

Disisi lain, Internet, termasuk penggunaan media online, media sosial dan media percakapan secara positif, kreatif dan produktif diyakini dapat dibuktikan sebagai salah satu upaya mendorong roda perekonomian baik di tingkat individu, komunitas maupun kewilayahan tertentu. Internet menjadi kanal unggulan dalam mempromosikan potensi perekonomian suatu daerah, semisal potensi wisata, potensi produksi UMKM serta potensi agrikultur yang selaras dengan kegigihan individual dan kerja kolaborasi komunal.

"Roadshow Workshop Literasi Digital di Jawa Barat ini dimaksudkan untuk membangun gerakan internet sehat dengan cakap digital. Anak muda dan semua orang yang peduli dengan gerakan internet sehat menjadi bagian tak terpisahkan dari gerakan ini," lanjut panitia.

photoSukabumi Cakap Digital day 1, Kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi, 30 Mei 2022 - (istimewa)</span

Jawa Barat Cakap Digital sendiri akan berlangsung di 5 wilayah, selain Sukabumi ada Purwakarta, Ciamis, Tasikmalaya dan Bandung. Para pemateri yang dipilih diharapkan bisa membangun kesadaran dan kemampuan para peserta dalam hal;  Digital Skills: Pengetahuan tentang penggunaan media sosial untuk mempromosikan potensi wisata, UMKM dan alam.; Digital Culture: Pengetahuan tentang pemanfaatan Internet untuk melakukan hal produktif, kreatif dan positif; Digital Ethics: Pengetahuan tentang cara berpikir kritis dalam membedakan dan menyikapi hoaks / disinformasi; Digital Safety: Pengetahuan tentang melindungi data pribadi dan privasi serta keamanan penggunaan gadget 

Para peserta nantinya diharapkan bisa meningkatkan kapasitas literasi digital masyarakat, khususnya terkait penanganan hoaks/disinformasi, perlindungan data pribadi dan privasi, serta keamanan digital personal yang dilandasi dengan kemampuan praktik fundamental. Mendorong kolaborasi multistakeholders dalam pemanfaatan kanal digital, baik media massa, media sosial maupun media percakapan. Serta Membangun kesadaran bersama tentang dinamika transformasi digital dan tata Kelola Internet di Indonesia khususnya dalam memanfaatkan platform digital yang dapat memberikan manfaat secara sosial, budaya dan ekonomi.

Di Sukabumi sendiri akan berlangsung selama tiga hari. Setelah di Kampus Nusa Putra, kegiatan serupa akan diadakan untuk kalangan guru dan pendidik di Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi pada hari Selasa, 31 Mei 2021. Lanjut di Kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi pada hari Rabu, 1 Juni 2022.

Untuk warga yang ingin mengikuti materi dari acara bisa bisa mengakses semua link media sosial kita, karena acaranya disiarkan secara live medsos dari sejumlah akun dan platform, salah satunya lewat kanal youtube internet sehat, atau melalui akun facebook dan instagramnya sukabumiupdate.com.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)