Light Dark

Hati-hati, Inilah 5 Bahaya Mengonsumsi Obat Pencahar Secara Berlebihan

Sehat | 24 May 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi Minum Obat Pencahar untuk Atasi Sembelit | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang yang sulit buang air besar atau Sembelit biasanya ada saja yang mengkonsumsi obat pencahar.

Meskipun penggunaan obat tersebut sangat efektif, namun tentu saja memiliki efek samping untuk kesehatan tubuh.


Advertisement

Lantas apa saja ya bahaya penggunaan Obat Pencahar secara berlebihan? Simak penjelasannya dibawah ini seperti melansir dari suara.com.

Diketahui, Obat Pencahar adalah obat yang digunakan untuk mengobati sembelit. Obat ini bekerja baik dengan merangsang usus bagian bawah atau dengan melunakkan tinja. 

Namun, Pencahar tidak efektif untuk mengontrol berat badan. Terlebih lagi, penyalahgunaan Obat Pencahar tidak aman dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. 

Ada banyak potensi konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang jika Anda mengonsumsi Obat Pencahar berlebihan. 


Advertisement

Melansir dari situs Verywell Health, berikut ini bahaya penggunaan Obat Pencahar secara berlebihan yang penting untuk diketahui.

Baca Juga :

1. Diare

photoIlustrasi Diare - (iStock)

Menggunakan Obat Pencahar secara tidak tepat dapat menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal, gas, tinja yang encer, dan diare. 

Mengonsumsi Pencahar secara berlebihan juga dapat menyebabkan masalah terkait seperti iritasi dubur, infeksi, dan pendarahan saat buang air besar.

2. Dehidrasi Parah

photoIlustrasi Dehidrasi Parah - (Freepik)

Obat Pencahar menghilangkan air dan limbah lain dari tubuh yang dapat menyebabkan dehidrasi. 

Gejala dehidrasi ini meliputi kelemahan otot, pusing, haus, ketidakmampuan untuk buang air kecil, urine berwarna gelap, kebingungan, dan mulut kering. Dalam kasus yang parah, dehidrasi dapat mengancam jiwa.

3. Ketidakseimbangan Elektrolit

photoIlustrasi Penurunan Kesehatan Ginjal Karena Ketidakseimbangan Elektrolit - (Shutterstock)

Penggunaan Pencahar berlebihan dapat mengganggu keseimbangan elektrolit (mineral seperti kalium, natrium, dan kalsium) dalam tubuh. 

Seiring waktu, ketidakseimbangan elektrolit dapat berdampak negatif pada ginjal dan jantung. Dalam beberapa kasus, kehilangan elektrolit bisa berakibat fatal.

4. Sembelit Kronis dan Ketergantungan Pencahar

photoIlustrasi Ketergantungan Pencahar - (Freepik)

Seiring waktu, penggunaan Obat Pencahar berlebihan dapat memperburuk sembelit. Ini karena Obat Pencahar dapat membahayakan tonus otot dan respons saraf di usus besar. 

Orang yang menggunakan Obat Pencahar berlebihan juga dapat mengembangkan toleransi terhadap obat yang mereka minum, membuat mereka membutuhkan dosis yang lebih tinggi dan lebih tinggi untuk buang air besar. 

5. Peningkatan Risiko ISK

photoIlustrasi Infeksi Saluran Kemih - (Freepik)

Dehidrasi kronis akibat penggunaan Obat Pencahar berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih (ISK). 

Gejala ISK mungkin termasuk rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil, kram perut, darah dalam urin, dan sering ingin buang air kecil.

Demikian pembahasan mengenai bahaya penggunaan Obat Pencahar secara berlebihan. Selain bahaya yang disebutkan di atas, ada juga bahaya lainnya seperti peningkatan risiko kanker usus besar, kerusakan organ dalam, depresi, pingsan dan lain sebagainya.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | ULIL AZMI

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah