Target Juni Selesai Diperbaiki, Analisa Penyebab Jalan Benda Sukabumi Bergelombang

Minggu 22 Mei 2022, 16:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - KemenPUPR atau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat angkat bicara terkait adanya sejumlah titik jalan nasional Sukabumi-Bogor yang bergelombang dari mulai Benda hingga Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

DIketahui, salah satu titik terparah jalan bergelombang ada di Desa Benda yang pada Minggu (22/5/2022) pagi tadi di demo ratusan warga sekitar akibat geram jalan tersebut kerap menelan korban jiwa.

"Kami atas nama PUPR meminta maaf atas ketidaknyamanannya," ujar Pengawas Lapangan PPK 2.1 Wilayah Jawa Barat, Agus Warso mewakili kementerian PUPR saat ditemui sukabumiupdate.com usai penandatanganan surat pernyataan bersama.

Agus menyebut, keluhan warga dan pengguna jalan ini akan ditindaklanjuti pihaknya dengan cara memperbaiki jalan tersebut.

"Tadi sudah kami laporkan pimpinan akan ditindaklanjuti, dalam 7 hari akan diturunkan alat, kemungkinan target bulan Juni (2022) selesai perbaikan jalan," tuturnya.

Baca Juga :

Karena sudah darurat dan membahayakan, kata Agus, pihak PUPR akan fokus dulu memperbaiki ruas jalan bergelombang yang ada di wilayah Desa Benda.

"Kita fokus di sini (Benda) yang darurat dan berbahaya. Kemungkinan informasinya yang bergelombang akan diperbaiki semua (dari Benda hingga Cibadak)," ungkapnya.

Mengenai teknis perbaikan jalan bergelombang sendiri, Agus mengaku belum mengetahui pasti apakah akan di cor beton atau di aspal lagi. 

"Yang pasti untuk yang bergelombang akan disisir atau dipapas dulu," tegasnya.

photoKondisi jalan bergelombang yang telah banyak merenggut korban jiwa di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor tepatnya di Kampung/Desa Benda RT 01/01 Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)</span

Disinggung mengenai kualitas aspal jalan nasional dari Benda hingga Cibadak yang banyak terdapat titik rusak, ia mengatakan bahwa jika memang kualitasnya tidak bagus seperti yang disangkakan masyarakat, jalan yang bergelombang seharusnya dua lajur.

"Kalo bicara mutu, secara visual aja kita bisa lihat jalan ke Bogor bergelombang dan (lajur) sebaliknya (Sukabumi) aman-aman saja. Monggo bisa dinilai sendiri. Kalo bicara kualitas harusnya dua-duanya," kata dia.

Agus kemudian menelaah penyebab jalan tersebut bergelombang. Dari hasil analisanya, diperkirakan salah satunya karena sering dilalui kendaraan yang overload.

"Kebanyakan (yang melintas) kendaraan berat, terus banyak spot macet. Ketika dia (kendaraan) diam dengan dan kondisi (jalan) panas, aspal lalu meleleh. Dan mungkin ketika ada tekanan serta overload, mungkin itu yang menyebabkan bergelombang," jelasnya.

Adapun mengenai keluhan lambatnya respon untuk perbaikan, Agus menjelaskan bahwa harus ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan sebelum akhirnya bisa ada pengerjaan.

"Ada proses perencanaan dulu, dan harus dinilai konsultan perbaikannya seperti apa, berikut anggaran juga harus ditentukan," pungkasnya.

Baca Juga :

Diberitakan sebelumnya, aksi demo ratusan warga Benda yang menuntut perbaikan jalan bergelombang di jalan nasional Sukabumi-Bogor, Minggu pagi (22/5/2022) akhirnya membuahkan hasil. Kementerian PU PR melalui PPK 2.1 PJN Wilayah II Jawa Barat sepakat akan memperbaiki jalan tersebut mulai minggu depan.

photoRatusan warga Benda saat melakukan aksi demo menuntut perbaikan jalan bergelombang di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor. - (CRP)</span

Kesepakatan ini tertuang dalam surat pernyataan bersama yang ditandatangani oleh perwakilan Kementerian PUPR, kepolisian, Muspika Kecamatan Cicurug, Dinas Perhubungan, Karang Taruna Desa Benda, serta seorang perwakilan dari warga Desa Benda.

REPORTER: CRP 4 (BILLIE)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan