Light Dark

Hotel Baru akan Dibangun di Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi, Cek Lokasinya!

Travel | 20 May 2022, 15:09 WIB
Kawasan Girimukti Ciemas Sukabumi. Hotel baru akan dibangunan di kawasan geopark ciletuh Sukabumi | google earth

SUKABUMIUPDATE.com - Keberadaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi mulai menarik minat para investor khususnya sektor pariwisata. Salah satu perusahaan pengemban perhotelan di Indonesia, bahkan sudah memulai proses fisik pembangunan hotel di jalur sabuk penghubung geopark penghubung Palabuhanratu ke wilayah Ciletuh Sukabumi.

Lokasi pembangunannya persis di pinggir jalan ruas Loji Palangpang, tepatnya di Kampung Balewer Desa Girimukti Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Berada di atas perbukitan, lokasi hotel ini akan punya view langsung perairan teluk Palabuhanratu. 


Advertisement

Jika kita dari arah pantai Palangpang, hotel ini berada di sekitar kawasan wisata ketinggian yang selama ini sudah populer yaitu puncak gebang. Pembangunan hotel ini sudah mendapatkan persetujuan bangunan gedung (PGB) dari Pemkab Sukabumi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP.

Dalam papan pengumuman PGB di lokasi tersebut tertulis bahwa izin pembangunan hotel ini diberikan kepada PT GRHA PRIMA SEJAHTERA yang beralamat di Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Sejak diturunkannya izin PGB dengan nomor 503.3/644.4/01/PMB-DPMPTSP/2022 pada 3 Januari 2022 silam, proses pembukaan lahan sudah dilakukan, oleh sejumlah alat berat.

Dari penelusuran digital sukabumiupdate.com, PT GRHA PRIMA SEJAHTERA adalah investor perhotelan di Indonesia yang cukup beken. Salah satu aset mereka berada di Subang Jawa Barat, yaitu Favehotel Subang.

Favehotel sendiri adalah perusahaan perhotelan berjaringan yang punya banyak cabang di Indonesia. Melansir portal resminya, sudah ada 37 jaringan favehotel di Indonesia, mulai dari Palembang, Jawa Barat, Bali, Banjarmasin hingga Papua.


Advertisement

photoPapan nama perizinan yang diberikan Pemkab Sukabumi untuk pembangunan hotel di Girimukti Ciemas Sukabumi - (istimewa)

Camat Ciemas, Iwan Muhdiawan mengakui jika kehadiran hotel di puncak Balewer Girimukti adalah hotel pertama di wilayah kecamatan tersebut. "Selama ini ada konsepnya penginapan, vila ataupun homestay," jelas Iwan kepada sukabumiupdate.com, Jumat 20 Mei 2022.

"Semoga bisa menjawab kebutuhan wisatawan akan keberadaan fasilitas penginapan di wilayah Ciemas khususnya. Untuk menikmati sejumlah spot wisata di Geopark Ciletuh Palabuhanratu," lanjut Iwan. 

Dihubungi terpisah, Koordinator Pelayanan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, Nina Widiawati membenarkan bahwa ini adalah salah satu contoh investasi yang masuk seiring berkembangnya sektor wisata di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. 

Baca Juga :

"DPMPTSP mengeluarkan RPG-nya berdasarkan rekomendasi seperti surat kesesuain standar atau surat keterangan dari Dinas Pariwisata. Saat ini proses perizinan untuk investasi di Sukabumi seperti juga daerah lainnya di Indonesia makin mudah dan efisien, melalui OSS," jelas Nina melalui pesan singkat.

Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) adalah Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur