Hotel Baru akan Dibangun di Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi, Cek Lokasinya!

Jumat 20 Mei 2022, 15:09 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keberadaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi mulai menarik minat para investor khususnya sektor pariwisata. Salah satu perusahaan pengemban perhotelan di Indonesia, bahkan sudah memulai proses fisik pembangunan hotel di jalur sabuk penghubung geopark penghubung Palabuhanratu ke wilayah Ciletuh Sukabumi.

Lokasi pembangunannya persis di pinggir jalan ruas Loji Palangpang, tepatnya di Kampung Balewer Desa Girimukti Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Berada di atas perbukitan, lokasi hotel ini akan punya view langsung perairan teluk Palabuhanratu. 

Jika kita dari arah pantai Palangpang, hotel ini berada di sekitar kawasan wisata ketinggian yang selama ini sudah populer yaitu puncak gebang. Pembangunan hotel ini sudah mendapatkan persetujuan bangunan gedung (PGB) dari Pemkab Sukabumi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP.

Dalam papan pengumuman PGB di lokasi tersebut tertulis bahwa izin pembangunan hotel ini diberikan kepada PT GRHA PRIMA SEJAHTERA yang beralamat di Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Sejak diturunkannya izin PGB dengan nomor 503.3/644.4/01/PMB-DPMPTSP/2022 pada 3 Januari 2022 silam, proses pembukaan lahan sudah dilakukan, oleh sejumlah alat berat.

Dari penelusuran digital sukabumiupdate.com, PT GRHA PRIMA SEJAHTERA adalah investor perhotelan di Indonesia yang cukup beken. Salah satu aset mereka berada di Subang Jawa Barat, yaitu Favehotel Subang.

Favehotel sendiri adalah perusahaan perhotelan berjaringan yang punya banyak cabang di Indonesia. Melansir portal resminya, sudah ada 37 jaringan favehotel di Indonesia, mulai dari Palembang, Jawa Barat, Bali, Banjarmasin hingga Papua.

photoPapan nama perizinan yang diberikan Pemkab Sukabumi untuk pembangunan hotel di Girimukti Ciemas Sukabumi - (istimewa)</span

Camat Ciemas, Iwan Muhdiawan mengakui jika kehadiran hotel di puncak Balewer Girimukti adalah hotel pertama di wilayah kecamatan tersebut. "Selama ini ada konsepnya penginapan, vila ataupun homestay," jelas Iwan kepada sukabumiupdate.com, Jumat 20 Mei 2022.

"Semoga bisa menjawab kebutuhan wisatawan akan keberadaan fasilitas penginapan di wilayah Ciemas khususnya. Untuk menikmati sejumlah spot wisata di geopark ciletuh Palabuhanratu," lanjut Iwan. 

Dihubungi terpisah, Koordinator Pelayanan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, Nina Widiawati membenarkan bahwa ini adalah salah satu contoh investasi yang masuk seiring berkembangnya sektor wisata di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. 

Baca Juga :

"DPMPTSP mengeluarkan RPG-nya berdasarkan rekomendasi seperti surat kesesuain standar atau surat keterangan dari Dinas Pariwisata. Saat ini proses perizinan untuk investasi di Sukabumi seperti juga daerah lainnya di Indonesia makin mudah dan efisien, melalui OSS," jelas Nina melalui pesan singkat.

Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) adalah Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)