Light Dark

Bapenda: Libur Lebaran Sumbang Retribusi Ratusan Juta untuk PAD Kabupaten Sukabumi

Keuangan | 18 May 2022, 20:40 WIB
Kemacetan kendaraan wisatawan di sepanjang jalan pesisir pantai di kawasan Teluk Palabuhanratu 4 Mei 2022 | Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Lonjakan wisatawan yang berkunjung ke objek-objek wisata di Kabupaten Sukabumi selama libur lebaran 2022 telah menyumbang ratusan juta rupiah untuk pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Sukabumi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi, Aisah.

Aisah menuturkan, tercatat dari libur lebaran hingga 13 Mei 2022, Dinas Pariwisata telah menyumbang pemasukan sebesar Rp 248 Juta lebih ke kas daerah melalui retribusi tempat rekreasi dan olahraga.


Advertisement

"Dari sisi rekreasi, ada lonjakan pendapatan pada saat libur lebaran," kata Aisah kepada sukabumiupdate.com, Rabu (18/5/2022).

Menurut Aisah, dari 9 titik yang dipungut, selama Triwulan I hingga 13 Mei 2022, total Dinas Pariwisata menyumbang pemasukan Retribusi Daerah sebesar Rp 476 juta lebih atau 47,94 persen dari target Rp 995 juta.

"Jadi ada dimana pada bulan Mei ada lonjakan pendapatan dibanding bulan-bulan sebelumnya," pungkasnya.


Advertisement

Baca Juga :

Sementara itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi memperkirakan sepanjang libur lebaran ada sekitar 4 juta wisatawan yang memadati kawasan wisata Kabupaten Sukabumi.

Tingginya angka kunjungan wisata ini, sempat membuat jalur menuju kawasan wisata mengalami macet parah.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi mengatakan, kawasan wisata yang paling dipadati pengunjung adalah kawasan Geopark Ciletuh.

“Hampir semua kawasan Geopark Ciletuh dipadati wisatawan. Tentu ini sangat berdampak terhadap pendapatan asli daerah atau PAD, dan memberikan multy effect player terhadap masyarakat di sekitar lokasi wisata,” kata Sigit kepada awak media, Rabu 11 Mei 2022.

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian