Longsor di Sukanagara Cianjur, Pemotor Nyaris Menjadi Korban

Kamis 09 April 2020, 12:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang warga berhasil merekam detik-detik longsor yang terjadi di Jalan Raya Sukanagara, tepatnya di seberang Alun-alun Tarumanagara, Kampung Pos, Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Kamis (9/4/2020). Seorang pengendara sepeda motor yang melintas nyaris menjadi korban.

Dalam tayangan video berdurasi sekitar 29 detik itu tampak bukit di sisi kiri jalan provinsi yang menghubungkan kota Cianjur dengan Cianjur selatan itu roboh menutupi jalan. Pada saat bersamaan melintas sebuah sepeda motor. Untung pengendaranya bisa menyelamatkan diri dengan cara melompat, sementara sepeda motornya tertimbun material longsor.

BACA JUGA: Korban Longsor Cianjur Ternyata Sepasang Pengantin Baru

Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, ruas jalan tersebut belum bisa dilewati.

Camat Sukanagara, Adang Sumaryadi, mengatakan, hingga pukul 17.30 WIB, identitas pengendara sepeda motor tersebut belum diketahui. "Saat tertimbun longsor pengemudinya berhasil menyelamatkan diri, namun sepeda motornya masih tertimbun tanah," kata Adang saat dihubungi melalui telepon, Kamis (9/4/2020).

Adang mengatakan Jalan Raya Cianjur-Sukanagara masih tertutup material longsor dan belum bisa dilalui kendaraan. "Alat berat belum ada. Kami sudah menghubungi Dinas PUPR Jawa Barat untuk meminta bantuan alat berat," kata Adang.

BACA JUGA: Butuh Lima Jam, Jasad Korban Longsor Galian C di Cianjur Berhasil Dievakuasi

Adang mengatakan, untuk sementara arus lalu lintas dari Cianjur menuju Sindangbarang dialihkan melalui jalan Pasar Sukanagara. "Terjadi longsor tepat di depan Lapang Tarumanegara, jadi arus lalu lintas bisa dialihkan ke jalan pasar Sukanagara," katanya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Mokhammad Irfan Sofyan, saat dihubungi menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Jawa Barat dan Kabupaten Cianjur untuk menangani longsor di Sukanagara yang menimbun jalan.

"Kami juga sudah menurunkan satu tim ke lokasi. Saat ini tim dalam perjalanan, mungkin sudah tiba di lokasi," ujar Irfan.

Irfan mengaku masih menunggu laporan yang lebih terperinci soal peristiwa longsor tersebut. "Termasuk korban serta kerugian secara materi," imbuh dia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi Memilih06 Oktober 2024, 15:26 WIB

Mulai di Karamat! Merangkul Sukabumi Bagi Susu hingga Internet Gratis, Juga Kenalkan Program Fahmi-Dida

Merangkul Warga edisi Karamat dilaksanakan di wilayah RW 04.
Kegiatan Merangkul Warga di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Sabtu, 5 Oktober 2024. | Foto: Tim Fahmi-Dida
Sukabumi Memilih06 Oktober 2024, 15:04 WIB

Dukung Pemekaran Sukabumi Utara Demi Kesejahteraan Rakyat, Cagub Jeje: Terbukti di Pangandaran

Kampanye di Nagrak, Cagub Jabar nomor urut 2 Jeje Wiradinata dukung pemekaran Sukabumi Utara, siap jadi pengampu jika resmi dimekarkan.
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata saat berkampanye di Lapangan Sepak Bola Sangkuriang Jelegong, Desa Balekambang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (6/10/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment06 Oktober 2024, 15:00 WIB

Gus Zizan Menikah dengan Influencer Berusia 16 Tahun Tuai Kegeraman Netizen

Nama Gus Zizan saat ini tengah menjadi sorotan netizen usai ia memposting foto dirinya yang menikah dengan influencer, Kamila Asy Syifa di instagram pada Jumat, 4 Oktober 2024.
Gus Zizan Menikah dengan Influencer Berusia 16 Tahun Tuai Kegeraman Netizen (Sumber : Instagram/@zannnsrn)
Nasional06 Oktober 2024, 14:07 WIB

Alasan Pemindahan ASN ke IKN Kembali Ditunda: Jokowi Minta Semua Perkantoran dan Hunian Siap

Menteri Basuki beberkan alasan pemindahan ASN ke IKN pada September ditunda lagi. Presiden Jokowi minta semua perkantoran dan hunian siap.
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan terkait perpindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), kepada media usai meresmikan Flyover Djuanda, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Jumat (06/09/2024). (Sumber Foto : Setkab.go.id)
Film06 Oktober 2024, 14:00 WIB

Film How To Make Millions Before Grandma Dies Wakili Thailand di Piala Oscar 2025

Film asal Thailand How To Make Millions Before Grandma Dies atau Lanma secara resmi masuk ke dalam kategori Best International Feature Film pada Piala Oscar 2025 mewakili negaranya.
Film How To Make Millions Before Grandma Dies Wakili Thailand di Piala Oscar 2025 (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat06 Oktober 2024, 13:45 WIB

Akhirnya Jalur Ganda KA Paledang Cicurug Sukabumi Rp2,2 Triliun Selesai Dibangun

Akhirnya proyek jalur ganda Bogor Paledang-Cicurug Sukabumi selesai setelah 10 tahun, dengan anggaran Rp 2,2 triliun.
Pembangunan Jalur ganda kereta api atau double track lintas Bogor-Sukabumi sudah rampung. (Sumber : Dok. DJKA Kemenhub/BTP Bandung)
Entertainment06 Oktober 2024, 13:00 WIB

Rose BLACKPINK Umumkan Album Solo Terbaru yang Dirilis Desember 2024

Rose BLACKPINK secara resmi akan comeback sebagai penyanyi solo dengan merilis album pertamanya bertajuk rosie pada Jumat, 6 Desember 2024 nanti.
Rose BLACKPINK Umumkan Album Solo Terbaru yang Dirilis Desember 2024 (Sumber : Instagram/@rose_are_rosie)
Sukabumi06 Oktober 2024, 12:39 WIB

2 Nelayan Pancing Ditemukan Selamat Setelah 3 Hari Terombang-ambing di Laut Ujunggenteng

Kedua nelayan tersebut terombang-ambing di Laut Ujunggenteng Sukabumi hingga hilang kontak dua hari akibat perahu yang ditumpangi mereka terbakar.
Dua nelayan pancing yang hilang kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi ditemukan selamat dan kini mendapatkan perawatan medis di RSUD Palabuhanratu. (Sumber : Dok. Polairud Polres Sukabumi)
Entertainment06 Oktober 2024, 12:00 WIB

Coldplay Akan Pensiun Usai Rilis Album ke-12, Chris Martin Ungkap Alasannya

Kabar kurang menyenakan datang dari band Coldplay yang dikabarkan akan pensiun dari dunia musik setelah merilis album ke-12 nanti. Tentunya kabar ini mengejutkan penggemar.
Coldplay Akan Pensiun Usai Rilis Album ke-12, Chris Martin Ungkap Alasannya (Sumber : Instagram/@coldplay)
Inspirasi06 Oktober 2024, 11:36 WIB

5 Tahun Kepemimpinan Erick Thohir, Ini Langkah PLN Sukabumi Guna Dukung Sektor Pertanian

Dukung sektor pertanian, PLN UP3 Sukabumi lakukan langkah ini sebagai bentuk komitmen selama 5 tahun kepemimpinan Erick Thohir.
PLN UP3 Sukabumi resmi melakukan pemasangan baru untuk PT Banna Raya Sejahtera pada Rabu 2 Oktober 2024. (Sumber : Istimewa)