Menu

01 Apr 2020, 19:30 WIB

Objek Wisata di Cidahu Sukabumi Ditutup Sementara, Melanggar Sanksi Menanti

Pemdes Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, memasang baliho himbauan penutup objek wisata di wilayah desa tersebut. Baliho dipasang di Terminal Cidahu, Rabu (1/4/2020). | Sumber Foto:Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, menutup sementara sejumlah objek wisata yang ada di ilayah desa tersebut. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Agar diketahui masyarakat, pemdes memasang baliho himbauan penutup objek wisata di Terminal Cidahu, Rabu (1/4/2020). Ada sejumlah objek wisata di desa tersebut diantaranya bumi perkemahan serta objek wisata alam.

BACA JUGA: Objek Wisata di Ciracap Sukabumi Ditutup Sementara

Bhabinkamtibmas Desa Cidahu, Brigadir Jejen Saepuloh mengatakan penutupan sementara ini mulai berlaku pada hari Senin 31 Maret 2020 hingga batas waktu yang tak bisa ditentukan. Menurut dia, hal tersebut sudah disosialisasikan kepada masyarakat Kecamatan Cidahu. 

Jejen menjelaskan, bilamana masyarakat tak mengindahkan peringatan ini maka sanksi hukum akan menanti. Tindakan juga akan diberlakukan bagi pengelola yang masih membuka objek wisatanya.

BACA JUGA: Objek Wisata Puncak Buluh di Jampang Kulon Sukabumi Tutup Sementara

Bagi yang melanggar maka akan ditindak sesuai undang-undang yang berlaku yaitu undang-undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular kemudian undang-undang nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan lalu pasal-pasal dalam KUHP yaitu Pasal 212, Pasal 214, Pasal 216 dan Pasal 218. 

Hingga saat ini, kata Jejen tidak ada penolakan atas penutupan sementara objek wisata tersebut. "Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan secara umum situasi kamtibmas di Desa Cidahu wilayah Hukum Polsek Cidahu aman." terangnya.

BACA JUGA: Masih Ada Pengunjung dari Luar Daerah, Pantai Ujung Genteng Sukabumi Dipasang Plang

Selain melakukan penutupan tempat wisata, Pemdes juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mudik dan tidak mengadakan acara yang melibatkan banyak orang guna antisipasi terjadinya penularan virus COVID-19.

"Himbauan ini disampaikan melalui Maklumat Kapolri nomor : Mak/2/III/2020. tentang kepatuhan terhadap Kmkebijakan pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19)," tandasnya.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas dialami kendaraan wisatawan di Jalan Raya Palabuhanratu KM 29, Desa Sukaharja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/7/2020). Sebuah sedan Honda City dengan polisi B 1295...

SUKABUMIUPDATE.com - Dua orang pasien Covid-19 di Kota Sukabumi dinyatakan sembuh. Mereka yang sembuh merupakan seorang laki-laki asal Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh dan seorang lagi perempuan asal Kelurahan Cipanengah,...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan penambahan pasien Covid-19 baru pada hari ini, Sabtu, 4 Juli 2020, sebanyak 1.447 orang. “Sehingga total menjadi 62.142 kasus,”...

SUKABUMIUPDATE.com - Bukit Pamancar yang berada di kawasan tanah perkebunan PT Djaya Sindu Agung ini berjarak sekitar 32 kilometer dari Kota Sukabumi. "Perbukitan tersebut dinamakan Bukit Pamancar, karena dulunya ada...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya