Menu

14 Des 2019, 18:45 WIB

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Dukung Konsep Bank Sampah di GCP

Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Sukabumi, Ujang Abdurohim Rochmi (kanan) bersama Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri hadir dalam sosialisasi dan edukasi pengelolaan wisata. | Sumber Foto:RAGIL GILANG

SUKABUMIUPDATE.com – Konsep pemberdayaan ekonomi warga melalui bank sampah mendapat dukungan luas dari tokoh masyarakat, yang berada di Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Ujang Abdurohim Rochmi, sekaligus tokoh masyarakat di Desa Ciwaru optimis, konsep ini tak hanya mampu membersihkan kawasan dari sampah plastik tapi juga membantu perekonomian warga.

BACA JUGA: Merawat Geopark Ciletuh Palabuhanratu untuk Kelestarian dan Kesejahteraan

Hal ini ditegaskan pria yang akrab disapa Batman ini, usai kegiatan edukasi dan sosialisasi pemberdayaan perekonomian masyarakat berbasis kampanye anti sampah plastik di Kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG), Sabtu (14/12/2019), di Pantai Palangpang Desa Ciwaru. Kegiatan Riung Mungpulung ini adalah awal dari dimulainya program pemberdayaan masyarakat yang tinggal di GCP. 

Batman yakin bank sampah akan bisa dijalankan oleh warga, karena memiliki nilai ekonomis. Perum Jamkrindo yang digaet Pemkab Sukabumi untuk menjalankan program ini sudah memastikan program ini akan berjalan secara berkesinambungan. 

"Salah satunya solusi untuk pengembangan lebih cepat di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini harus ada bantuan dari pihak perusahaan atau investor, karena tidak ada dorongan dari pihak swasta, kemajuannya akan lambat," jelasnya.

Menurut dia, langkah awal dari Pemkab Sukabumi dan Jamkrindo ini harus didukung penuh oleh masyarakat. "Insya Allah kedepannya kegiatan dan kerjasama ini bisa membawa pertumbuhan dan percepatan pembangunan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Terutama sumber daya manusianya, dalam kesadaran membuang sampah sembarangan dan mengantisipasi sampah plastik," paparnya. 

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi Kembangkan Kawasan Geopark Ciletuh Melalui A3

Batman menegaskan, permasalahan utama di objek wisata adalah sampah dan ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan dibebankan pada pemerintah saja. Jadi mulai dari diri sendiri menanamkan kesadaran dalam menjaga objek wisata dari sampah. 

"Selain itu untuk pengembangan infrastruktur di kawasan Geoprak Ciletuh Palabuhanratu dari anggaran APBD Kabupaten Sukabumi, di tahun ini pasti ada. Namun dari APBD Provinsi kami belum mendapatkan informasi utuh. Katanya Curug Sodong akan ada pembangunan dari Provinsi," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian besar orang sangat cemas dengan kencan pertama. Maka, orang akan berusaha tampil sebaik mungkin untuk meninggalkan kesan yang baik. Jika kencan pertama lancar, kemungkinan akan ada...

SUKABUMIUPDATE.com - CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa versi uji dari sistem autopilot pada mobil listrik Tesla akan dirilis secepatnya. "Sebulan atau lebih," ucap Musk seperti dikutip Antara dari USA...

SUKABUMIUPDATE.com - Alat kontrasepsi berguna untuk mencegah atau mengatur jarak kehamilan, serta mencegah atau menyebarkan penyakit menular seksual. Ada banyak metode yang bisa dipilih, mulai dari hormonal seperti pil...

SUKABUMIUPDATE.com -  Wakil Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengatakan alat pelindung diri atau APD yang digunakan oleh dokter residen alias calon dokter spesialis selama bertugas, kebanyakan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya