Merawat Geopark Ciletuh Palabuhanratu untuk Kelestarian dan Kesejahteraan

Jumat 11 Mei 2018, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kurang dari empat tahun Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat resmi ditetapkan  menjadi bagian dari jaringan Geopark Dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG). Status tersebut menjadi sejarah baru bagi dunia pariwisata di Jawa Barat.

Namun penetapan tersebut bukanlah gelar sarjana yang melekat sepanjang hayat, empat tahun lagi Tim Unesco akan kembali melakukan penilaian atas apa yang telah dicapai Geopark Ciletuh-Palabuhanratu hari ini.

Lalu, bagaimana rencana pengembangan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu selanjutnya? Koko Muhamad dari sukabumiupdate.com telah mewawancarai General Manager Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Ir. H.Dana Budiman.

Berikut petikan wawancaranya.

Setelah menyandang predikat UGG, bagaimana rencana pengembangan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu selanjutnya?

Sebagaimana kita ketahui tanggal 12 April 2018 kemarin Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu telah ditetapkan menjadi bagian dari  jaringan geopark dunia atau Unesco Global Geopark (UGG) pada sidang Executive Board UNESCO ke 204, Komisi Programme and External Relations, di Paris, Prancis, predikat tersebut menjadi penghargaan sekaligus tantangan bagi masyarakat dan pimpinan daerah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk memantaskan diri sebagai bagian dari jaringan  Internasional. Geopark Ciletuh-Palabuhanratu akan dikembangkan sesuai master plan yang sudah kita buat, didalamnya ada rencana strategis (Renstra) pengembangan Geopark kedepan, mengimplementasikan master plan merupakan salah satu dari 13 rekomendasi Unesco.

Apa tantangan dalam pengembangannya?

Komitmen kita semua, Unesco meminta master plan tersebut harus menjadi dokumen publik artinya dijadikan Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Gubernur atau minimal Peraturan Bupati, kemudian kita juga harus memastikan master plan tersebut dibiayai, ini artinya harus ada komitmen antara eksekutif dan legislatif. Soal sumber dana bisa dari APBN, APBD, investasi swasta, atau CSR, semuanya dalam rangka membiayai implementasi master plan tadi.

Tantangan selanjutnya merubah pola pikir masyarakat di kawasan geopark yang tadinya sebagai besar petani, nelayan atau buruh menjadi masyarakat yang memahami konsep geopark yaitu konservasi, edukasi, pemberdayaan ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan. Contoh implementasi konsepnya misalnya menjaga kebersihan lingkungan ditempat berjualan, penginapan, lahan parkir,  tarif sesuai standar dan lain sebagainya.

Tantangan lainnya, Unesco menginginkan pelibatan perempuan sebanyak-banyaknya baik di manajemen badan pengelola Geopark, pengelola geosite, destinasi atau di sektor lainnya di kawasan geopark.

Sesuai moto Geopark, "Memuliakan Warisan Bumi Mensejahterakan Masyarakat," Program apa saja yangg diberikan Pemerintah Daerah untuk masyarakat di dalam kawasan Geopark?

Kami kembali mengacu ke master plan, disana ada misi mewujudkan destinasi wisata berkelas internasional, upayanya melalui pemberdayaan masyarakat, salah satunya dengan mendorong program-program lokal yang berkualitas seperti geopark go to school.

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu memiliki keragaman geologi, hayati dan budaya sebagai sumber pengetahuan, namun dalam perspektif umum Geopark masih sebatas destinasi wisata, bagaimana upaya Pemda untuk mengubah perspektif itu?

Iya memang, Geopark itu not just tourism, kita rubah perspektifnya dengan sosialisasi dan edukasi bahwa Geopark Ciletuh-Palabuhanratu itu memiliki warisan geologi yang terkemuka, yang unik, dan itu bagian dari perjalanan terjadinya bentang alam. Jadi bukan hanya sebatas tempat wisata atau spot selfie.

Upaya edukasinya secara sistemik mulai dari tokoh masyarakat, guru, anak sekolah. Juga informasi melalui bilboard, papan interpretasi yang mudah dipahami karena istilah-istilah geopark itu terlalu scientific, memanfaatkan media sosial serta media masa.

Status UGG itu berlaku untuk 4 tahun, setelahnya dilakukan penilaian kembali, anda yakin Geopark Ciletuh-Palabuhanratu bisa mempertahankannya?

Kalau melihat 13 rekomendasi yang diberikan Unesco saya optimis dapat dipertahankan, karena saya yakin rekomendasinya dapat kita laksanakan, diantaranya tadi soal master plan, kemitraan, penyederhanaan informasi geopark, pemberdayaan perempuan juga kita harus memberikan hasil kajian-kajian tentang geopark, dengan dukungan IPB, ITB, Unpad, UI dan universitas lainnya di Jawa Barat, saya optimis.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer