Menu

Jumat, 30 Agustus 2019, 15:19 WIB

Bamboo Widen Park, Jalan-jalan di Tengah Rindangnya Pohon Bambu di Waluran

Objek wisata taman bambu atau Bamboo Widen Park, Di Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata di Kabupaten Sukabumi tak melulu pantai saja, ada objek-objek wisata unik lainnya yang wajib dikunjungi, diantaranya Wisata Bomboo Widen Park (BWP) atau taman bambu.

Tempatnya berada di Jalan Raya Geopark Waluran - Palangpang, ruas Mareleng - Tamanjaya, tepatnya di Kampung Cidahu, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. Untuk mencapai lokasi ini, dari Jalan Raya ruas Mareleng - Tamanjaya masuk ke jalan desa menuju arah perkebunan Pasirhelang. Jalan desa ini sejauh 600 meter yang beraspal dan sekitar 100 meter jalan tanah meski demikian aman dilewati kendaraan roda dua dan empat.

BACA JUGA: Kecamatan Waluran Sukabumi Jadi Daerah Pemasok Bambu Hitam

Suasananya begitu sejuk ketika semilir angin menerpa hutan bambu ini membuat dedaunan saling bergesekan melambai-melambai. Tempatnya begitu tenang, pas untuk melepas penat.

"Bamboo Widen Park (BWP) ini baru empat bulan dan masih dalam proses penataan," ujar pegiat wisata Kecamatan Waluran, Cahya Sukendar Palapah, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (30/8/2019).

BACA JUGA: Usaha Anyaman Bambu Warga Cikembar Sukabumi Bertahan di Tengah Perabot Serba Plastik

Selain wisata keluarga, ke depannya tempat ini direncang sebagai sarana wisata edukasi. Dimana di atas lahan seluas 2,5 hektare akan ditanam bermacam jenis bambu. "Para pengunjung nantinya bisa mengenal bermacam-macam jenis bambu," jelas Cahya.

Adapun bambu yang sekarang sudah tumbuh yaitu bambu hitam, bambu tali, dan bambu haur. Taman wisata bambu dilatarbelakangi Kecamatan Waluran yang merupakan penghasil bambu.

BACA JUGA: Lukisan Bambu Hitam Karya Warga Cikembar Sukabumi Tembus China dan Jerman

Di tempat ini terdapat saung utama, saung untuk keluarga, spot selfie, jogging track dan penambahan MCK yang saat ini dalam pembangunan. "Mudah-mudahan bulan Desember sudah rampung semuanya, kendati begitu pengunjung sudah mulai berdatangan," imbuh Calya.

Pengelola tempat ini sengaja membuat kolecer dan saung-saung tradisional supaya menambah indah suasananya.

"Lahan Bamboo Widen Park ini milik pribadi yang dikelola oleh pegiat wisata Kecamatan Waluran Palapah, masih dalam penataan, makanya fasilitas belum lengkap seperti warung, yang mau berkunjung sementara bawa bekel saja," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah wall climbing atau dinding panjat baru saja dibangun di Lapang Lodaya Setra Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.  BACA JUGA: Ingin Jadi Atlet Panjat Tebing, Ini Aksi Adul...

SUKABUMIUPDATE.com - Sesosok mayat pria ditemukan di Pantai Cicaladi, Desa Sukatani Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Minggu (1/9/2019) siang, sekitar pukul 13.30 WIB. Mayat ditemukan dalam kondisi telungkup di dermaga...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya