Menu

Sabtu, 06 Juli 2019, 07:30 WIB

Sangat Disayangkan, Pantai Minajaya yang Indah Banyak Sampah

Sampah yang berserakan di objek wisata Pantai Minajaya, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Minajaya Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi adalah salah satu objek wisata pantai andalan di Sukabumi dan menjadi tujuan wisatawan. Selain keindahan panorama pantai, juga banyak terdapat batu karang yang unik.

Namun sangat disayangkan, kondisi alam nan memanjakan itu kini mulai terlihat kumuh dan banyak sampah. Salah satu penyebab paling besar adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

BACA JUGA: Pengunjung Pantai Minajaya di Surade Sukabumi Menurun

Salah seorang pengunjung asal Kota Bogor, Helmi (23 tahun) mengaku jauh-jauh datang ke Sukabumi Selatan untuk melihat keindahan Pantai Minajaya. Namun tiba-tiba Helmi melihat ada ibu-ibu dengan seenaknya membuang sampah ke pesisir pantai.

"Tapi memang saya lihat disini agak kurang tersedia tong sampah, atau tempat pembuangan sampah lainnya. Malah sempat lihat ada bekas sampah seperti dibakar. Tapi kebanyakan sampah pada dibuang ke pantai. Sangat disayangkan pantai seindah ini minim sarana kebersihan," kata Helmi saat diawancarai sukabumiupdate.com, Jumat (5/7/2019).

BACA JUGA: H+3 Libur Lebaran, Ribuan Pengunjung Serbu Pantai Minajaya Surade

Sementara itu petugas TPI Minajaya, Randiana membenarkan selama ini sampah yang berserakan di pantai sesekali dibakar, meski masih banyak yang berserakan dimana saja. Selama ini Randiana mengaku sudah sering mensosialisasikan tentang kebersihan, baik kepada pemilik warung yang berjualan di area pantai maupun kepada wisatawan.

"Memang kalau disebelah sini, di arah ke TPI sampai ke ujung pantai, tidak ada tong sampah. Cuma ada beberapa buah, itupun dekat plang nama Pantai Minajaya," pungkasnya.

BACA JUGA: Infrastruktur Kurang Baik, Pantai Cicaladi Karangbolong Masih Diburu Wisatawan

Diwawancarai terpisah, Koordinator Tarkim Wilayah VI Jampan Kulon, Wawan Setiawan menjelaskan persoalan sarana kebersihan seperti tong sampah maupun keperluan lainnya sudah diusulkan ke dinas dan masih menunggu anggaran dialokasikan.

"Adapun untuk kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Minajaya, kami sudah berkomunikasi dengan koordinator tollgate Minajaya, Satrad 216 Cibalimbing, dan akan mengadakan opsih. Rencana tanggal 25 Juli," singkat Wawan.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Markas Besar Kepolisian RI dibantu Kepolisian Resor Cianjur berhasil menangkap pasangan muda terduga teroris di Kampung Cibodas RT 03/RW 01, Desa...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Pasirpogor RT 01/07, Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, digegerkan dengan ditemukannya sesosok mayat pria tua di dalam rumah, Kamis (14/11/2019). Pria tersebut diketahui bernama...

SUKABUMIUPDATE.com - Seseorang pria diamankan Polsek Parungkuda karena diduga hendak menculik anak di Kampung Sukaasih RT 01/05, Desa Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/11/2019). Saat itu anak laki-laki berusia dua tahun...

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara menuai sorotan dari para driver ojek online (ojol) di Sukabumi. Pasalnya, pelaku bom bunuh diri tersebut...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya