Light Dark

Asinan Mangga Buatan Warga Kadubengkung Sukabumi, Bikin Ketagihan

Kuliner | 25 Oct 2020, 10:00 WIB
Asinan mangga muda buatan warga Kadubengkung, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. | Sukabumiupdate.com/Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini hampir di semua penjual buah yang berada di wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi menjual buah mangga. Sungguh momen yang tepat buat para pecinta buah manis yang satu ini.

Tak sedikit pula warga yang mengolah mangga tersebtu menjadi asinan. Di tangan Nina (35 tahun) warga Kadubengkung, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, buah mangga yang masih muda dibuat asinan, yang rasanya lebih memanjakan lidah.

"Cara membuatnya, satu buah mangga yang masih muda dibersihkan dulu, kulitnya dikupas, buah mangga dibersihkan lagi, kemudian di potong kecil sesuai selera. Kalau buah mangga terasa asam, bisa direndam dulu dalam air yang sudah dicampur pemanis selama kurang lebih tiga jam," jelas Nina kepada sukabumiupdate.com, Minggu (25/10/2020).

BACA JUGA: Rasanya Juara! Dahaga Hilang Seketika Berkat Es Kelapa Gula Aren Goceng di Cisolok Sukabumi

Masih kata Nina, untuk bahan campuran kuah asinan buah mangga, terlebih dahulu haluskan cabai merah yang sudah direbus, bersama gula putih serta garam secukupnya.

"Nah buah mangga yang sudah rendam dan ditiriskan tadi dicampur dengan bahan yang sudah dihaluskan dan diberi air secukupnya. Asinan Mangga lebih cocok disantap saat cuaca panas. Kalau buah mangganya masih segar, siapapun yang nyoba dijamin ketagihan," pungkasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

NANDI

Reporter