Light Dark

Rasanya Juara! Dahaga Hilang Seketika Berkat Es Kelapa Gula Aren Goceng di Cisolok Sukabumi

Kuliner | 09 Aug 2020, 17:00 WIB

Rasanya Juara! Dahaga Hilang Seketika Berkat Es Kelapa Gula Aren Goceng di Cisolok Sukabumi

Kuliner | 09 Aug 2020, 17:00 WIB
Es Kelapa Gula Aren buatan Wildansyah, warga Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Sukabumiupdate.com/Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Minuman Es Kelapa muda dengan gula merah atau gula aren tidak hanya menyegarkan tenggorokan, namun juga bagus untuk tubuh kita. Apalagi kalau Es Kelapa nan segar itu diminum saat cuaca sedang panas-panasnya.

Di kawasan objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi banyak terdapat beberapa penjual Es Kelapa muda gula merah. Salah satunya di Kampung Cikukulu, tepatnya simpang tiga Cipanas, Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Kelapa Muda Cungap Merah Jampang Kulon Sukabumi, Harganya Naik Dua Kali Lipat

Di tangan Wildansyah (37 tahun), es kelapa muda gula aren ini rasanya dibuat lebih memiliki ciri khas. Kelapa muda yang sudah di parut, dicampur dengan gula aren serta ditambahkan sedikit susu kental manis sebagai sentuhan akhir. Bisa dibayangkan rasanya seperti apa.

Apalagi menikmati Es Kelapa Gula Aren tersebut sambil duduk di tempat wisata pantai yang ada di kawasan Palabuhanratu - Cisolok. Di tengah cuaca panas ala-ala pantai, rasanya dijamin juara.

"Manis sirup gula aren terasa pas saat dipadukan dengan manisnya air kelapa muda dan susu kental manis, disusul parutan kelapa yang terasa agak kriuk-kriuk," ujar Toni Tabroni (35 tahun) salah seorang pembeli Es Kelapa Gula Aren, Minggu (9/8/2020).

Es Kelapa Gula Aren buatan Wildansyah, warga Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Nandi

Saat diwawancarai, Wildansyah mengaku baru beberapa bulan jualan Es Kelapa Gula Aren tersebut. Pembeli datang silih berganti. Ada yang dinikmati di tempat, dan ada pula yang dibungkus untuk dibawa pulang.

"Harga per gelas Rp 5.000 alias goceng. Mau diminum di sini atau dibungkus, enggak ada perbedaan, harganya tetap goceng," singkat Wildansyah yang sibuk melayani pembeli.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

NANDI

Reporter