Menu

17 Jul 2020, 08:15 WIB

Pegiat Wisata Waluran Sukabumi Punya Produk Kuliner Berbahan Sorgum, Penasaran? Yuk Simak

V-Sorgum, sorgum kering yang masih di tangkai langsung diolah sehingga bentuknya seperti bunga. Cara mengolahnya, sogrum yang masih dalam tangkai itu digoreng kemudian diberikan penyedap rasa. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pegiat wisata Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi punya menu makanan dari bahan yang mungkin sebagian orang asing mendengarnya.

Namanya sorgum yang pohonnya seperti pohon jagung kemudian buah sorgumnya tumbuh pada tangkai. Rupanya sorgum ini kayak manfaat dan apabila diolah bisa menjadi pengganti nasi. Karena itu, kelompok wisata dan kuliner Palapah Kecamatan Waluran mengolah sorgum menjadi cemilan yang menambah ragam kuliner Sukabumi. 

Produk makanan berbahan sorgum ini ada dua tipe yaitu V-sorgum dan unti sorgum. 

BACA JUGA: Pegiat Wisata Waluran Sukabumi Lirik Sorgum untuk Bahan Baku Kuliner Khas Geopark Ciletuh

Untuk produk yang pertama ada tiga varian yaitu V-sorgum A, kemudian V-sorgum P. dan V-sogrum G.  Jadi, ketiganya itu adalah sorgum kering yang masih di tangkai langsung diolah sehingga bentuknya seperti bunga. Kendati masih ditangkai, sorgum ini dibersihkan dulu dan dijemur.

Cara mengolahnya, sorgum yang masih dalam tangkai itu digoreng langsung kemudian diberikan penyedap rasa. Sorgum itu apabila digoreng akan mengembang, sangat mirip dengan berondong jagung. 

Nah untuk huruf A,P dan G itu adalah rasanya. Kalau A berarti asin kemudian P itu rasa pala dan G itu rasanya gurih. 

BACA JUGA: Bubur Hanjeli, Sajian Nikmat dari Desa Wisata Waluran Mandiri Sukabumi

Kemudian produk unti sorgum yaitu sorgum yang sudah kering dirontokan lebih dulu dan dibersihkan, lalu digoreng hingga mekar seperti bunga. Kemudian disiapkan selai yang bahannya dari kelapa, gula aren, pala, dan garam.

Unti sorgum, sorgum yang sudah kering dirontokan lebih dulu dan dibersihkan, lalu digoreng hingga mekar setelah itu ditaburi selai yang bahannya dari kelapa, gula aren, pala, dan garam.

Sorgum kemudian ditabur di selai tersebut dan dijemur. Setelah itu baru dikemas dalam plastik dengan berat 300 gram.

Pegiat Wisata Kecamatan Waluran, Cahya Sukendar karena masih dalam tahap percobaan maka harganya pun masih harga promosi yaitu V sorgum Rp 5.000 per tangkai sedangkan untuk unti sorgum Rp 10 ribu. 

BACA JUGA: Rengginang Hanjeli Coklat dari Waluran Sukabumi, Penganan Renyah Untuk Buka Puasa

"Beberapa produk sorgum yang sudah dikemas, memang belum pakai label kemasan, soalnya kemarin baru percobaan tapi alhamdulilah habis, banyak peminatnya," kata Cahya.

Kedepannya akan ada banyak varian rasa dari olahan berbahan sorgum ini. 

"Sementara baru itu, dan rencana kedepan masih ada beberapa varian, yang berminat bisa langsung ke Sekretariat Palapah di Kampung Cimulek, Desa Waluran, Kecamatan Waluran atau kontak Nomor WhatsApp 085311642408 - 083805834414," jelasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam dua hari terakhir, warga Kampung Cipicung tengah, Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi dihebohkan dengan penemuan banyaknya ikan di pinggir aliran Sungai Cimandiri. Berdasarkan informasi yang dihimpun,...

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi merilis data kerusakan akibat hujan angin yang mengguyur wilayah Sukabumi pada Rabu (23/9/2020) sore. Berdasarkan data yang diterima awak media, setidaknya terdapat...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, dikabarkan akhirnya mengalah dalam drama transfer Luis Suarez. Penyuerang asal Uruguay itu kini diperbolehkan bergabung dengan Atletico Madrid. Dilansir dari Tempo.co, Media Spanyol,...

SUKABUMIUPDATE.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi menetapkan seluruh kandidat yang mendaftar di Pilkada serentak 2020 sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi 2020 – 2024. Bersama pasagan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya