Menu

01 Peb 2020, 22:51 WIB

Sidemang, Durian Cikakak Juara Kontes Festival Buah Kabupaten Sukabumi 2020

Durian Sidemang Cikakak yang menjadi juara dalam kontes festival buah Kabupaten Sulabumi tahun 2020, di Lapang Cangehgar, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Durian Sidemang asal Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi dinobatkan sebagai juara dalam kontes Festival Buah Kabupaten Sukabumi 2020.

Seperti diketahui, festival tersebut dilaksanakan selama dua hari, Jumat 31 Januari hingga Minggu 2 Februari 2020 di Lapang Cangehgar, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Ada Kontes di Lapang Canghegar Palabuhanratu, Penyuka Durian Ayo Merapat!

Ketua Pencinta Durian Sukabumi Henhen Mulyadi memaparkan, ada 36 varietas durian se-Kabupaten Sukabumi yang dikonteskan pada Jumat (31/1/2020) dan dinilai oleh tiga tim penilai dari Kementrian Pertanian RI, Majalah Trubus, serta Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Barat.

"Didapat enam durian unggulan, antara lain Sidemang, Corona, Sibokor, Simelehoy, Sisusu dan Ahmad Durian. Yang dinilai oleh tim penilai yakni rasa, daging buah tebal apa tidaknya, bentuk buah dan biji, ketebalan kulit, aroma, ketebalan konstur, tekstur dan warna kulit," kata Henhen kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (1/2/2020).

BACA JUGA: Makan Durian Sepuasnya dan Gratis di Festival Buah Sukabumi 2020, Catat Waktunya

Lanjut Henhen, sesuai arahan dari Dinas Pertanian, durian yang menang sudah terdata baik pohon dan lokasinya. Sehingga nantinya pohon-pohon durian ini akan menjadi prioritas untuk pengembangbiakan agar tidak punah.

"Alhamdulillah ini sebagai upaya promosi agar menjadi daya tarik wisata untuk datang ke Sukabumi, disamping ingin melihat wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu," tandasnya.

BACA JUGA: Durian Gandaria Cikakak Sukabumi, Buah Langka Harganya Bikin Elus Dada

Salah seorang petani durian Cikakak, Untung Saputra (35 tahun) mengapresiasi kontes tersebut. Untung menyebut, durian dari wilayah Cikakak memang sudah terkenal dan tidak diragukan dari sisi kualitas maupun rasa, aromanya yang khas, serta namanya yang unik dan gampang tenar.

"Alhamdulillah memang wilayah Cikakak ini setidaknya tidak akan kehabisan stok durian untuk beberapa tahun ke depan. Mudah-mudahan setelah menjadi juara ini akan menjadikan para petani durian lebih termotivasi lagi dalam pengembangan pohon durian. Sehingga nanti akan meningkatkan perekonomiannya juga," kata Untung.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Arturo Vidal resmi bergabung dengan Inter Milan dengan status bebas transfer dari Barcelona. Pemain Cile itu telah menandatangani kontrak dengan klub Serie A dengan durasi dua tahun...

SUKABUMIUPDATE.com - PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen mobil Esemka, telah membuka pemesanan produk pabrik di Desa Demangan, Boyolali, Jawa Tengah, itu. Dilansir dari Tempo.co, Esemka memasarkan dua varian mobil, yakni...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemandangan lain dari yang lain terlihat pada saat lalu lalang evakuasi pasca bencana banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/9/2020). Terlihat seorang...

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini, sejumlah negara sedang mempersiapkan diri untuk mengatasi resesi ekonomi di tengah pandemi COVID-19. Resesi ekonomi ditandai dengan aktivitas ekonomi yang melemah signifikan dan berlangsung dalam...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya