Menu

19 Okt 2019, 15:20 WIB

Resep Rumahan Lobster Ala Warga Pesisir Ujung Genteng Sukabumi

Lobster mutiara olahan nelayan Ujung Genteng yang siap dinikmati | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Pantai Ujung Genteng, Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi juga memiliki kekayaan kuliner tersendiri. Apa lagi kalau bukan olahan lobster. Sajian lobster ini menambah keragaman kuliner Sukabumi.

Di wilayah Ujung Genteng sendiri yang paling terkenal adalah lobster mutiara. Bahkan sudah dibudidayakan nelayan lokal.

BACA JUGA: Lobster Gajah, Lobster Unggul Khas Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Binatang bercangkang itu tak pernah sepi peminat. Wisatawan yang berlibur ke Pantai Ujung Genteng, bisa ikut merasakan olahan lobster yang terkenal gurih. Bisa direbus, digoreng pakai bumbu, atau dibakar dan dioles sambal.

"Kalau masak lobster itu jangan terlalu lama, biar rasa yang khasnya manis dan teksturnya tetap terjaga. Tapi itupun tergantung selera," kata warga Ciracap pengolah lobster, Nina Herlina (32 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Jumat (18/10/2019).

Memasak lobster ala nelayan Ujung Genteng.

Lanjut Nina, salah satu cara pengolahan paling favorit adalah dicampur resep bumbu asam manis. Pertama-tama, bahan yang harus disiapkan adalah lobster, bawang putih yang sudah dihaluskan, bawang bombay diiris, bawang daun potong kasar, saus tomat, saus sambal, jeruk nipis, gula pasir dan penyedap rasa.

"Pertama cuci bersih lobster, kemudian belah dari kepala sampai punggung, lalu berikan perasaan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci kembali," beber Nina.

BACA JUGA: Bupati Sukabumi: Larangan Tangkap Benur Lobster Dapat Timbulkan Masalah

"Selanjutnya tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Kemudian masukan sedikit air, saus tomat, saus sambal, garam, gula pasir dan lada. Ada juga yang pakai nanas, tergantung selera," lanjutnya.

"Setelah meletup-letup, masukan lobster, aduk dan tunggu hingga matang. Setelah itu tambahkan daun bawang, aduk lagi lalu angkat. Dan, eng ing eng.. lobster siap disantap," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Neneh Hasanah, nenek tua berusia 84 tahun asal Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi ini akan menjadi inspirasi bagi kita semua, terutama yang berprofesi sebagai seorang pengajar. Berbekal ketulusan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa kecelakaan yang terjadi pada rombongan kader Posyandu Kota Depok di Kabupaten Subang membuat para korban selamat trauma. Salah satunya diakui warga RW 07 Kelurahan Bojong Pondok Terong...

SUKABUMIUPDATE.com - Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami stres. Hanya saja, seringkali stres ini tak dikenali. Hal itu disampaikan Carrie Bashoff Spindel, asisten profesor psikiatri klinis anak dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar kurang menyenangkan menghampiri para pengguna WhatsApp. Pada Minggu sore (19/1/2020), aplikasi pesan instan tersebut mengalami gangguan (down). Berdasarkan pengamatan Suara.com, WhatsApp gangguan karena tidak bisa mengirim ataupun...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya