Menu

Selasa, 13 Agustus 2019, 09:30 WIB

Matoa, Tanaman Khas Papua Tumbuh dan Berbuah di Surade

Buah Matoa yang sudah matang di Kampung Cikakak Surade Wetan, Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pernah dengar buah Matoa? Mungkin sebagian besar merasa asing dengan jenis buah ini. Padahal, tanaman dengan nama latin Pometia pinnata itu termasuk salah satu tanaman asli Indonesia.

BACA JUGA: Disebutkan Dalam Alquran, Buah Bidara Tumbuh Subur di Pajampangan Sukabumi

Tanaman yang tingginya dapat mencapai belasan meter tersebut, banyak ditemukan di Papua. Tapi jangan heran pohon Matoa bisa ditemukan juga di Kampung Cikakak Surade Wetan RT 02/01 Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

"Pohon Matoa tersebut sudah berusia empat tahun, dan sudah beberapa kali berbuah," kata pemilik pohon Matoa, Asep Anggana (37 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Senin (12/8/2019).

Asep mengaku awalnya menanam dari  sebentuk biji. Biji benih pohon Matoa tersebut ia dapat usai berkunjung dari rumah mertuanya di Solo, Jawa Tengah beberapa tahun silam.

"Pada usia empat tahun, mulai berbunga dan berbuah. Sampai sekarang terus berbunga dan berbuah. Di wilayah Pajampangan yang punya pohon Matoa bisa dihitung jari. Kami pernah kasih benih ke warga yang mau menanam, dan sekarang juga masih ada benih untuk ditanam di musim hujan nanti," lanjutnya.

BACA JUGA: Manisnya Kecepot, Buah Khas Hutan GCP Ciemas Sukabumi

Buah ini, masih kata Asep, sangat istimewa. Rasa buah Matoa seperti campuran buah kelengkeng, rambutan dan durian. Kalau buahnya masih mentah terasa pahit, namun kalau sudah matang berwarna merah, manisnya tidak tertahan, sangat legit, teksturnya mirip rambutan aceh dan beraroma durian.

"Ukuran buah diameter 2,2-2,9 sentimeter, dan diameter biji 1,25-1,40 sentimeter. Buah ini kalau di supermarket bisa mencapai Rp 80 per kilogram. Konon katanya buah Matoa banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi dirasakan masyarakat Pajampangan, tepat di hari kemerdekaan RI ke-74, Sabtu (17/8/2019), sekitar pukul 12.20 WIB. “Saat kami sedang duduk di pos pol PP Kecamatan Ciracap,...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Pajampangan Kabupaten Sukabumi beberapa hari terakhir dihebohkan dengan pesan berantai yang tersebar di medsos dan WhatsApp Grup soal keberadaan gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di...

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran rumah kembali terjadi di Kabupaten Sukabumi. Si jago merah kali ini mengamuk di Kampung Manglad RT 09/04, Desa Kalapanunggal, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Selasa (13/8/2019). Kebakaran...

SUKABUMIUPDATE.com - Briptu Hedar tewas ditembak kelompok bersenjata di Papua di bagian kepala belakang. Pria 24 tahun ditembak saat hendak melarikan diri dari penyanderaan. "Ditembak kepala bagian belakang saat berusaha...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya