Menu

Selasa, 13 Agustus 2019, 09:30 WIB

Matoa, Tanaman Khas Papua Tumbuh dan Berbuah di Surade

Buah Matoa yang sudah matang di Kampung Cikakak Surade Wetan, Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pernah dengar buah Matoa? Mungkin sebagian besar merasa asing dengan jenis buah ini. Padahal, tanaman dengan nama latin Pometia pinnata itu termasuk salah satu tanaman asli Indonesia.

BACA JUGA: Disebutkan Dalam Alquran, Buah Bidara Tumbuh Subur di Pajampangan Sukabumi

Tanaman yang tingginya dapat mencapai belasan meter tersebut, banyak ditemukan di Papua. Tapi jangan heran pohon Matoa bisa ditemukan juga di Kampung Cikakak Surade Wetan RT 02/01 Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

"Pohon Matoa tersebut sudah berusia empat tahun, dan sudah beberapa kali berbuah," kata pemilik pohon Matoa, Asep Anggana (37 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Senin (12/8/2019).

Asep mengaku awalnya menanam dari  sebentuk biji. Biji benih pohon Matoa tersebut ia dapat usai berkunjung dari rumah mertuanya di Solo, Jawa Tengah beberapa tahun silam.

"Pada usia empat tahun, mulai berbunga dan berbuah. Sampai sekarang terus berbunga dan berbuah. Di wilayah Pajampangan yang punya pohon Matoa bisa dihitung jari. Kami pernah kasih benih ke warga yang mau menanam, dan sekarang juga masih ada benih untuk ditanam di musim hujan nanti," lanjutnya.

BACA JUGA: Manisnya Kecepot, Buah Khas Hutan GCP Ciemas Sukabumi

Buah ini, masih kata Asep, sangat istimewa. Rasa buah Matoa seperti campuran buah kelengkeng, rambutan dan durian. Kalau buahnya masih mentah terasa pahit, namun kalau sudah matang berwarna merah, manisnya tidak tertahan, sangat legit, teksturnya mirip rambutan aceh dan beraroma durian.

"Ukuran buah diameter 2,2-2,9 sentimeter, dan diameter biji 1,25-1,40 sentimeter. Buah ini kalau di supermarket bisa mencapai Rp 80 per kilogram. Konon katanya buah Matoa banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Twitter kembali merangkum berbagai hal populer yang terjadi di Indonesia sepanjang 2019 dalam #RameDiTwitter. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, platform media sosial tersebut, menampilkan kilas balik berbagai hal mulai...

SUKABUMIUPDATE.com - Empat klub Liga Primer Inggris, yaitu Liverpool, Manchester City, Chelsea, dan Tottenham, yang tampil dalam Liga Champions Eropa musim ini sukses melaju ke babak 16 besar. Apapun hasil...

SUKABUMIUPDATE.com - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore mengaku senang Indonesia memperketat aturan perkebunan sawit. Namun, ia menyayangkan jika kebakaran hutan masih saja terus terjadi di Indonesia, bahkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menjadi tokoh yang paling banyak dicari dalam mesin pencari Google di Indonesia pada 2019 dan uniknya nama Presiden Joko Widodo atau...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya