Menu

29 Mar 2019, 22:43 WIB

Tips Mengolah Menu Ikan Koyo atau Eteman ala Nelayan Palabuhanratu

Ikan Eteman yang sudah di bakar di sajikan dengan sambal pecel atau Trenjeng. Jumat (29/3/2019). | Sumber Foto:Nandi.

SUKABUMIUPDATE.com - Jika Anda pernah datang ke Palabuhanratu dan berbelanja ikan untuk oleh-oleh di rumah, mungkin pernah mendengar ikan koyo atau eteman. Meskipun saat ini belum musim panen, ikan ini sering menjadi tangkapan para nelayan.

Bagi wisatawan yang datang ke wilayah Palabuharatu, Kabupaten Sukabumi, tidak ada salahnya mencoba ikan yang satu ini, cara memasaknya pun cukup mudah baik digoreng ataupun di bakar.

Salah seorang istri nelayan, Aisyah (35 tahun) warga Kampung Gang Majlis, Kelurahan, Kecamatan Palabuhanratu, memberikan tips memasak ikan koyo atau eteman dengan cara di bakar agar sajiannya semakin menggugah selera.

BACA JUGA: Olahan Ikan Segar Tangkapan Nelayan di Pusat Ikan Bakar dan Resto Pelabuhan Perikanan Nusantara Pala

"Ikan Eteman atau koyo ini kalau menurut saya enaknya dimakan dengan dibakar, kalau gak di goreng sampai kering," ujar Aisyah, Jumat (29/3/2019).

 "Ikan Koyo atau Eteman yang di beli tentunya harus yang masih segar, kemudian dibersihkan insang dan dalamannya, sebelum dibakar ikan sebaiknya direndam dulu di rendaman air yang sudah di campur penyedap rasa," tambahnya.

Kalau bumbu bakarnya, sambung Aisyah paling simple bisa menggunakan minyak goreng atau blue band, saus, kecap, ketumbar, kemiri, bawang putih di tumbuk halus dan semua bahan bahan tersebut di campur untuk dioleskan ke ikan koyo atau eteman saat sedang di bakar.

"Bumbu bakar ini dioleskan saat ikan sudah dibakar setengah matang, karena kalau di oleskan sebelum ikan di bakar biasanya kulit ikan nya cepet gosong dan bumbu tidak meresap ke daging ikannya," jelasnya.

Masih kata Aisyah, adapun untuk sambalnya itu menurutnya sesuai selera, bisa sambal cobek, bisa sambal terasi namun yang paling menggugah selera dirinya menggunakan sambal pecel atau sambal Trenjeng yang membuatnya pun tidak terlalu ribet karena bahan bahan nya mudah di dapat di pasar seperti Cabe rawit, cabe merah, jahe, bawang merah, bawang putih, tomat.

"Semua bahan itu di goreng dulu sampai matang, terus di ulek sampai halus, nah kalau sudah jadi sambal ditambahkan minyak goreng bekas penggorengan sedikit kalau ingin lebih enak boleh pakai kecap atau gula putih secukupnya," pungkasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Transportasi Singapura Khaw Boon Wan mengumumkan Terminal 2 Bandara Changi akan ditangguhkan selama 18 bulan ke depan. Dilansir dari suara.com, di depan anggota parlemen Senin (6/4/2020), Khaw...

SUKABUMIUPDATE.com – Hingga kemarin, gugus tugas Covid-19 Kabupaten Sukabumi sudah melakukan 2139 rapid test. Hasilnya 6 positif, 584 negatif dan 1549 masih dalam proses, dimana rapid test ini bukan...

Oleh: Milah Nurhasanah  (Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra Sukabumi) Corona atau Covid-19 adalah virus yang pertama kali di temukan di kota Wuhan, China pada Desember 2019, tidak perlu waktu lama...

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah lebih dari dua minggu dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) karena terjangkit Virus Corona jenis baru atau COVID-19, kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya