Menu

Jumat, 07 Desember 2018, 06:18 WIB

Keong Macan, Si Loreng yang Menggugah Selera dari Palabuhanratu

Kerang macan bumbu pedas yang siap disantap. | Sumber Foto:Demmi Pratama

SUKABUMIUPDATE.com - Jika anda penggemar seafood, kurang pas rasanya apabila belum mencicipi olahan yang satu ini. Hidangan laut tersebut diolah dari hewan bercangkang yang dikenal dengan nama keong macan.

Di wilayah pesisir, seperti Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, keong macan sudah cukup akrab di telinga masyarakat. Bentuknya tak jauh berbeda dengan keong sawah. Hanya saja, cangkang keong macan bercorak loreng.

BACA JUGA: Kelezatan di Setiap Tusuk Sate Maranggi Hj Nani Jalan Lingkar Selatan Sukabumi

Hidangan keong macan salah satunya bisa anda nikmati di Saung Injuk Abah Yadi, di Kampung Cigebang, Desa Cidadap, Kecamatan Cikakak, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Pemilik Saung Injuk Abah Yadi, Asep Yadi Setiawan (42), mengatakan keong macan adalah salah satu seafood favorit di tempatnya. Keong macan diolah dengan tiga varian rasa. Yakni pedas, asam manis, dan original.

Keong macan hasil tangkapan Abah Yadi yang siap diolah jadi hidangan laut nan lezat. 

"Tentunya diolah dengan bumbu khas di sini. Ada garansi kalau rasanya tidak memuaskan," ujar pria yang akrab disapa Abah Yadi itu kepada sukabumiupdate.com belum lama ini.

Tekstur daging keong macan terasa kenyal di lidah. Abah Yadi menyebut, hidangan laut ini mengandung protein yang cukup tinggi.

BACA JUGA: Sedapnya Bakso Selimut Khas Warung Neng Tyas di Cibadak Sukabumi

Tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menikmati seafood keong macan. Pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp 45 ribu untuk satu porsi.

"Namun seafood ini harus dipesan terlebih dulu. Selain agak langka, kami perlu waktu untuk mengambilnya sendiri dari laut.  Biar kesegaran dagingnya juga terjaga," pungkasnya.

 

Reporter : DEMMY PRATAMA
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Apa jadinya kalau seseorang yang suka kopi memiliki hobi otomotif. Hasilnya seperti Rian Dude (41 tahun) yang menyulap mobil VW Combi tahun 1977 menjadi sebuah warung kopi. Warkop...

SUKABUMIUPDATE.com - Pariwisata dan kuliner menjadi hal yang tak bisa dipisahkan. Ketika ada sebuah objek wisata yang dikunjungi, kuliner khas di daerah wisata itu wajib ada sebagai oleh-oleh. Hal ini...

SUKABUMIUPDATE.com - Pengguna kendaraan mengeluhkan lubang di jalan nasional jalur Bogor-Sukabumi. Lubang nampak di sepanjang Jalan Raya Siliwangi, Cicurug, tepatnya berada di depan Mapolsek Cicurug, depan Pasar Cicurug, di...

SUKABUMIUPDATE.com - Malang menimpa Mia Resmiati warga Jalan Pasar Lama RT 11 RW 4,  Desa/Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Hendak membeli nasi padang untuk makan siang, mobilnya malah dibobol pencuri. Peristiwa...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya