Light Dark

Udunan Perbaiki Jalan, Warga Cikembar Sukabumi Dukung Adjo-Iman

Politik | 09 Nov 2020, 19:05 WIB

Udunan Perbaiki Jalan, Warga Cikembar Sukabumi Dukung Adjo-Iman

Politik | 09 Nov 2020, 19:05 WIB
Calon bupati nomor urut 1 Adjo Sardjono apresiasi warga memperbaiki jalan di Kampung Sukamantri RW 08, Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi. Warga melakukan perbaikan jalan secara patungan. | ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com - Warga di Kampung Sukamantri RW 08, Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, bahu membahu memperbaiki jalan desa yang ada di wilayahnya tersebut.

Dalam acara Perbaikan Jalan itu, panitia dan warga sengaja mengundang langsung calon bupati Sukabumi nomor urut 1, Adjo Sardjono. Undangan kepada Adjo Sardjono untuk menyaksikan langsung kerja bakti Perbaikan Jalan tersebut tidak lain sebagai bentuk dukungan di Pilkada 9 Desember 2020.

BACA JUGA: Tebar Ikan di Sungai, Adjo Ingatkan Pentingnya Amankan Lingkungan di Sukabumi

Anggaran Perbaikan Jalan itupun berasal dari hasil udunan warga. Bukan dari dana alokasi desa apalagi dana APBD Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Semua bahan material perbaikan jalan murni anggarannya dari hasil swadaya warga.

"Ada yang udunan Rp 10 ribu, ada juga yang sampai ratusan ribu. Alhamdulilah dengan kekompakan warga di sini, perbaikan jalan desa bisa kami lakukan tanpa berpangku tangan kepada pemerintah,"kata Ujang Gunawan, panitia gotong royong perbaikan jalan Desa Cikembar, Senin (9/10/2020).

BACA JUGA: Cara Simpel Hergun Menangkan AMAN di Pilkada Sukabumi, Ajak Satu Rumah Pilih Adjo-Iman

Menurut Ujang panjang dan lebar jalan yang diperbaiki secara swadaya itu panjangnya 1.200 meter dengan lebar 2,5 meter." Total anggarannya belum kami hitung semua, yang jelas kami target perbaikan jalan ini memakan waktu tiga atau empat hari kedepan,"ucapnya.

Perbaikan jalan dari hasil udunan warga ini ungkap Ujang sebagai bentuk warga membantu pemerintah dalam bidang insfrastruktur. Karena kalau terus mengharapkan perhatian dan bantuan dari pemerintah tentu akan dihadapkan pada masalah keterbatasan anggaran yang dimiliki. Di mana, antara kebutuhan ruas jumlah perbaikan dengan anggaran yang tersedia belum seimbang.

BACA JUGA: Datang ke Sukabumi, Babe Haikal Hassan: Mau AMAN? Dukung Adjo - Iman

"Tetapi tentu karena membangun infrastruktur merupakan kewajiban pemerintah, jadi kedepannya silahkan bersinergi antara warga dan pemerintah. Warga di sini mah membantu saja,"ungkapnya.

Ia menambahkan, diundangnya Adjo Sardjono untuk menyaksikan langsung perbaikan jalan lantaran tokoh serta warga di sana sudah cukup lama bangga dengan sosok Adjo Sardjono."Kami sengaja mengundang pak Adjo sebagai wujud kebanggaan dan dukungan kami terhadap beliau,"tegasnya.

BACA JUGA: Pilkada Sukabumi, Hergun: Kawal dan Kritisi Kebijakan Adjo-Iman

Sementara Adjo Sardjono dibuat terharu dengan semangat warga yang bahu membahu udunan memperbaiki jalan tanpa mengandalkan anggaran dari pemerintah.

Selain terharu, Adjo Sardjono juga menyimpan kebanggaan tersendiri atas semangat warga yang berinisiatif memperbaiki jalan secara swadaya. Kedepan kegiatan seperti ini akan disinergikan dengan program infrastruktur dari pemda. Dengan tujuan ada rasa tanggung jawab secara bersama-sama.

"Saya bangga saya apresiasi kegiatan ini. Sungguh kegiatan ini patut dicontoh oleh semua dan tentu saja pemerintah daerah tidak boleh bangga saja kalau ada warganya seperti ini, tetapi harus jadi pelecut agar lebih serius bekerja keras memenuhi aspirasi kebutuhan warga. Saya dan pak Iman berusaha mewujudkan hal itu,"tandasnya.

CATATAN REDAKSI: ADA PERUBAHAN NASKAH PADA PUKUL 23.25 WIB, KESALAHAN MENCANTUMKAN UKURAN PANJANG JALAN YANG DIPERBAIKI. ATAS KESALAHAN INI KAMI MOHON MAAF

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Andri Somantri

Redaktur