Marwan Hamami Ajak Warga Palabuhanratu Sambut Pemekaran Kabupaten Sukabumi

Senin 02 November 2020, 07:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menyongsong dicabutnya moratorium pemekaran wilayah, Marwan Hamami calon Bupati petahana Sukabumi mengajak warga Palabuhanratu untuk mempersiapkan diri. Hal ini di sampaikan Marwan dalam kunjungannya di Kampung Cigangsa Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Senin (2/11/2020).

Dikutip dari keterangan Tim Pemenangan Marwan Hamami dan Iyos Somantri, dalam sosialisasinya calon dari Partai Golkar ini menyampaikan informasi pemekaran wilayah Sukabumi yang akan dibagi menjadi dua wilayah, yakni utara dan selatan. Pemekaran wilayah yang akan berdampak pada pembangunan infrastruktur ini dikatakan Marwan harus bisa dihadapi warga Palabuhanratu khususnya sebagai pusat pemerintahan dan ibukota kabupaten.

BACA JUGA: Jualan Telur Hingga Dokumentasi Hajatan, Masa Muda Marwan Hamami Calon Bupati Sukabumi

"Jika tol sesi 2 selesai bulan Februari nanti, maka sudah dipastikan investor akan masuk ke Palabuhanratu dan wilayah lain di selatan yang saat ini PAD-nya hanya 35 persen dari total PAD Kabupaten Sukabumi. Tentunya kita sebagai warga peribumi jangan sampai tergerus oleh pembangunan. Maka dari itu dari sekarang kualitas sumber daya manusianya juga harus kita persiapkan," ungkap Marwan. 

Hujan turun sesaat setelah calon Bupati Sukabumi nomor urut 2 Marwan Hamami memulai tatap muka dengan masyarakat sekitar di kediaman Mamat Abdulatif, untuk sosialisasi melanjutkan kebaikan.

Seperti di tempat-tempat yang didatangi pria yang berpasangan dengan Iyos Somantri dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 sebelumnya, antusiasme masyarakat tidak goyah. Mereka berpindah mencari tempat berteduh dan tetap fokus pada pemaparan yang disampaikan Bupati Sukabumi yang tengah cuti tersebut.

"Kita harus bersiap. Karena mau tidak mau, kita memasuki masa yang mengharuskan kita bersaing dalam segala hal. Perekonomian dan percepatan pembangunan akan dan sudah terjadi," ujarnya.

"Termasuk Tol Bocimi sesi 2 akan selesai pada Februari mendatang. Sehingga jarak Jakarta - Palabuhanratu hanya satu jam lebih. Banyak peluang usaha bagi kita semua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Selain itu, Marwan menegaskan, tahun 2021 mendatang pemerintah pusat akan mencabut moratorium untuk pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB). Sehingga sangat dimungkinkan akan terbentuk Kabupaten Sukabumi Utara dengan Ibukota Cibadak.

"Kabupaten Sukabumi induk itu Ibukotanya Palabuhanratu. Kita sebagai masyarakat Palabuhanratu harus siap menyambut itu. Kita manfaatkan peluang sekecil mungkin untuk membantu perkembangan Kabupaten Sukabumi induk ini," jelasnya.

BACA JUGA: Marwan Hamami Beberkan Keberhasilan Sepanjang Menjabat Bupati Sukabumi

"Sementara penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar Kabupaten Sukabumi itu ada di utara, sebesar 65 persen. Sedangkan di selatan hanya 35 persen," sambungnya.

Selain itu, lanjut Marwan, dirinya masih fokus memindahkan seluruh perkantoran ke Palabuhanratu. Dengan area perkantoran yang saat ini tengah dibangun di Cangehgar Palabuhanratu.

"Sarana pendidikan dan kesehatan juga kita tingkatkan. Salah satunya SMP 1 Palabuhanratu yang sedang dibangun. Sehingga mampu menampung anak-anak dari PNS yang mencapai 16 ribu PNS jika nanti perkantoran jadi pindah ke Palabuhanratu," paparnya.

"Saya juga meningkatkan hibah sarana keagamaan yang mencapai Rp 15 miliar. Hanya saja saya membuat aturan, uangnya dihibahkan ke Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi. Kemenag yang mendistribusikannya. Kami siapkan sebaik mungkin agar Kabupaten Sukabumi ini benar-benar Religius, Maju, Inovatif, Sejahtera Lahir Bathin," tandasnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)
DPRD Kab. Sukabumi28 Maret 2024, 17:55 WIB

Harapan DPRD Sukabumi Kepada Kades yang Kini Memiliki Masa Jabatan 8 Tahun

Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (28/3/2024). Salah satu perubahan signifikan adalah masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan bisa 2 kali masa jabatan.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Jejak Wakil Rakyat
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)
Gadget28 Maret 2024, 17:10 WIB

Waspada, 6 Tanda HP Anda Telah Diretas Orang Lain, Berikut Ciri-cirinya!

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP anda sudah diretas oleh orang lain. Karenanya penting untuk diperhatikan
Ilustrasi. Mengetahui HP diretas orang lain. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life28 Maret 2024, 17:04 WIB

6 Cara Ampuh Mencegah Ular Masuk Rumah, Yuk Terapkan Sekarang Juga!

Mencegah ular masuk ke dalam rumah keharusan yang harus dilakukan untuk antisipasi lebih awal. Maka penting diketahui setiap pemilik rumah.
Ilustrasi. Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. (Sumber foto : Pexels/Pixabay)
Musik28 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?

Viral di TikTok jadi Lagu Galau, Inilah Lirik Lagu Dygta feat Kamasean: Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?
Video Klip Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu? (Sumber : YouTube/HaloEntertainmentIndonesia (HEI))
Nasional28 Maret 2024, 16:42 WIB

UU DKJ Disahkan: Pilgub Jakarta Dipilih Langsug, Bagaimana Wacana Sukabumi Masuk Aglomerasi?

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi undang-undang.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist
Sehat28 Maret 2024, 16:30 WIB

Mencegah Asam Lambung Naik: 7 Kebiasaan Ini Harus Anda Lakukan Jika Ingin Sembuh

Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life28 Maret 2024, 16:12 WIB

6 Cara Melatih Diri Agar Lebih Dewasa Secara Emosional, Terapkan Kebiasaan Ini!

Untuk menjadi lebih dewasa seseorang harus melakukan kebiasaan sehari-hari yang membantu proses tersebut. Yuk simak sederet cara agar lebih dewasa secara emosional berikut ini!
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto
Life28 Maret 2024, 16:00 WIB

Sikapnya Beda Bund! Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder

Jika Ayah Bunda menduga bahwa anak mungkin mengalami Anxiety Disorder, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder, Sikapnya Beda. (Sumber : Freepik/@freepik)