Light Dark

Megawati Beri Tiga Arahan ke Kader PDIP Soal Pilkada 2020, Sukabumi?

Politik | 11 Jan 2020, 13:11 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutan dalam Rakernas I PDIP di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020. | TEMPO/M Taufan Rengganis

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan megawati Soekarnoputri memberikan arahan tertutup dalam Rapat Kerja Nasional I PDIP pada Jumat malam, 10 Januari 2020. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Arif Wibowo pengarahan itu terkait dengan pemenangan Pilkada 2020.

Dikutip dari tempo.co, kongres PDIP sebelumnya sudah menetapkan target kemenangan di Pilkada 2020 sebesar 60 persen. "Maka dikasih arahan secara jelas dan tegas bagaimana mengkosolidasi memenangkan pilkada di daerah-daerah yang sudah dipetakan dengan baik oleh partai," kata Arif di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, 11 Januari 2020.

Berikutnya, kata Arif, megawati juga mengatakan bahwa penentuan pasangan calon dan koalisi harus dipikirkan matang. Dia menyebut penentuan itu tak boleh sekadar memenangkan orang, tetapi harus memenangkan partai dan rakyat.

"Memenangkan partai itu jelas, bahwa partai harus diuntungkan dengan kemenangan dalam pilkada," kata Arif.

Adapun kemenangan rakyat, ujar Arif, adalah agar politik anggaran di daerah berpihak kepada masyarakat. Politik anggaran ini harus disesuaikan dengan kepentingan mendesak di setiap daerah untuk memastikan pembangunan yang berkelanjutan. 

"Yang ketiga adalah kemenangan dalam pilkada ditargetkan dan wajib dicapai oleh partai akan menjadi dasar bagi kemenangan kita di 2024," kata Arif.

Megawati memberikan arahan tertutup dalam Rakernas I kemarin malam. Dalam forum tertutup itu hadir pula Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani.

Kabupaten Sukabumi termasuk salah satu dari banyak daerah di Indonesia yang akan menggelar pilkada di tahun 2020 ini. Dewan Pimpinan Cabang (DCP) kabupaten sukabumi sendiri sudah menyetorkan sejumlah nama ke level Jawa Barat dan pusat dari proses penjaringan yang dilakukan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Koalisi Gemuk Jelang Pilkada Sukabumi 2020, Giliran PDIP Labuhkan Dukungan ke MH

Terkini secara politik PDIP (DPC) nyatakan siap berkoalisi dengan Partai Golkar di Pilkada Kabupaten Sukabumi. Sikap ini sekaligus menegaskan jika PDIP siap mendukung figur petahana Marwan Hamami (MH) yang saat ini menjabar sebagai Bupati Sukabumi dan diusung Partai Golkar di Pilkada 2020. 

PDIP menyatakan siap berkoalisi dengan partai-partai pendukung MH, termasuk mengusulkan figur untuk disandingkan dengan Marwan Hamami sebagai calon wakil bupati. “"PDIP mempunyai figur yang memiliki potensi dan bisa mendampingi Pak Marwan, finalisasinya nanti di DPP. PDIP tidak akan pernah kehabisan kader untuk maju," jelas Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPC PDIP, toni kamajaya kepada sukabumiupdate.com dalam wawancara pasca pertemuan pengurus PDIP dengan Marwan Hamami di Surade Sukabumi pada tanggal 23 Desember 2019 silam.

 

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Reporter