Iyos Ambil Formulir Pilkada 2020 Sukabumi Dari Partai Gerindra?

Jumat 03 Januari 2020, 07:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Kemana langkah Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri dalam Pilkada 2020 mendatang? Iyos disebut sudah mengambil formulir pendaftaran bakal calon (balon) melalui Partai Gerindra yang saat ini membuka kembali masa penjaringan hingga tanggal 15 Januari 2020 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Gerindra, Agus Firmansyah kepada sukabumiupdate.com. “Bukan pak Iyos langsung yang datang untuk mengambil formulir tapi melalui orang lain. Selain pak Iyos, ada juga dokter Toni M Aprami, Ketua relawan PADI (Prabowo Sandi) Sukabumi Raya yang tinggal di Sukaraja Kabupaten Sukabumi,” jelas Agus Jumat (3/1/2019) melalui sambungan telpon.

DPC Partai Gerindra masih menunggu keduanya mengembalikan formulis pendaftaran agar bisa dimasukan ke dalam list figur yang akan mengikuti tahapan selanjutnya dari proses ini, yaitu fit and proper test. Dalam kesempatan ini, Agus juga menegaskan bahwa Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara belum terdaftar sebagai balon yang akan ikut tahapan.

“Sebenarnya untuk kang Yudha tidak hanya didorong oleh kader di Sukabumi, DPD dan DPP pun mendorong Ketua DPC Kabupaten Sukabumi untuk ikut dalam konstelasi ini. Kan ini masih ada 12 hari lagi, kita tunggu saja kejutan-kejutan lainnya jelang Pilkada 2020 oleh Partai Gerindra,”ungkap Agus.

Masa perpanjangan penjaringan ini sambung Agus tidak hanya terjadi di Kabupaten Sukabumi. Tapi di semua kota, kabupaten di Jawa Barat yang akan menghadapi pilkada serentak tahun 2020 mendatang. 

BACA JUGA: Dari 21 Nama, Hanya 15 yang Lolos Verifikasi Penjaringan Gerindra untuk Pilkada Sukabumi

“Ini arahan DPD Jabar sesuai hasil rapat dengan DPP, selain diperpanjang juga menjelaskan tentang mekanismen tahapan selanjutnya seperti Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test),  tempat bisa di DPC atau DPD dengan tetap dikoordinasikan oleh DPD. Selain itu ada juga himbauan untuk berkordinasi dengan DPRD Provinsi dan anggota DPR RI sesuai dengan dapilnya,” ungkap Agus.

Saat ini menurut Agus ada 15 nama yang sudah diajukan ke DPD Jabar hasil penjaringan awal. Nama-nama ini akan di uji berdasarkan hasil survey, pendalaman rekam jejak dan alat ukur politik lainnya. “Kami berharap pada dua nama baru yang sudah mengambil formulir untuk cepat melengkapi berkas persyaratan agar bisa ikut dalam tahapan selanjut,” pungkas Agus.

BACA JUGA: Gerindra Tanggapi Koalisi Gemuk Dukung MH di Pilkada 2020 Kabupaten Sukabumi

Dihubungi terpisah, Usep Wawan Ketua Badan Pemenangan Pilkada DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi Usep Wawan menambahkan nantinya seluruh proses di DPC ini akan memilih tiga nama yang akan disodorkan ke DPP melalui DPD Jabar. “Dalam daftar sebelum uji kepatutan dan kelayakan komposisi internal dan eksternal masih ada. Tentu semua faktor akan menjadi parameter,” pungkas Usep Wawan.

Saat ini redaksi sukabumiupdate.com masih menunggu konfirmasi dari Iyos Somantri soal pengambilan formulir pendaftaran di Partai Gerindra ini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).
Life18 April 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh: Arab, Latin, Terjemahan dan Ketentuannya

Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari
Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari | Sumber: Freepik (rawpixel.com).
Sukabumi18 April 2024, 17:35 WIB

Kabar Baik untuk Ato di Cikangkung Sukabumi, Rumah Reyotnya Dibangun Swadaya

Kabar baik untuk Ato (51 tahun) datang dari Pemerintah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.
Pemdes dan Warga Cikangkung akan bantu perbaikan gubuk miring Ato (Sumber: istimewa)
Sehat18 April 2024, 17:30 WIB

Mengontrol Gula Darah: Alasan Mengonsumsi Nasi Merah Baik untuk Anda Penderita Diabetes

Nasi merah dan beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi putih.
Ilustrasi - Nasi merah dan beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi putih. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).
Sukabumi18 April 2024, 17:02 WIB

Tak Diberi Izin Poligami, Oknum ASN di Sukabumi Celakai Istri Hingga Patah Tangan?

Perempuan inisial DM (58 tahun) diduga mengalami kekerasan dalam rumah tangga dengan perlakuan sadis dari suaminya BCA (38 tahun) hingga alami patah tangan
Foto rontgen yang diperlihatkan korban kepada awak media. Dugaan KDRT oknum ASN Sukabumi terhadap istrinya (Sumber: istimewa)