Menu

Kamis, 18 April 2019, 16:15 WIB

Soal Dugaan Money Politic di Kota Sukabumi, Bawaslu: Tidak Ada Saksi

Bawaslu Kota Sukabumi | Sumber Foto:Muhammad Gumilang

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi mendapat satu laporan dugaan money politic pada hari pencoblosan Rabu (17/4/2019). Namun, laporan tersebut tak ditindaklanjuti sebab tidak adanya saksi.

"Gak ada temuan. Satu laporan dugaan money politic hanya saja ini tidak ada saksinya. Saya tanya dan kroscek ke petugas di lapangan, mereka juga tidak melihat hal itu. Kalau tanpa adanya saksi kita tidak bisa nyatakan itu temuan,"ungkap Koordinator Divisi Hukum, Penindakan, Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kota Sukabumi, Yasti Yustia Asih, saat dihubungi sukabumiupdate.com, Kamis (18/4/2019).

BACA JUGA: Di Sukabumi, Ketua Bawaslu Jabar Tegaskan Money Politics Sebuah Kejahatan Pemilu

Menurutnya, Bawaslu tidak bisa menentukan laporan dugaan money politic tersebut menjadi sebuah temuan pelanggaran. Sebab belum memenuhi syarat formil dan materil serta tak ada saksi yang melihat. 

"Kalau tidak ada saksi atau tidak memenuhi syarat formil dan materilnya, kita bisa dianggap menuduh," imbuhnya.

Yasti menegaskan, Bawaslu Kota Sukabumi akan terus melakukan pengawasan setiap tahapan pasca pemilu, seperti yang saat ini mengawasi pengiriman kotak suara dari PPS ke PPK.

"Pengawasan terus berlangsung hari ini, kita akan kabarkan kalau ada informasi lebih lanjut," pungkasnya.

Reporter : MUHAMMAD GUMILANG
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi, mempertanyakan soal pesan hoaks yang menyebabkan delapan TPS di Kota Sukabumi melakukan perhitungan ulang surat suara. Bawaslu Kota Sukabumi lebih memilih menyebut...

SUKABUMIUPDATE.com - Masih ingat dengan sepasang lansia malang Omay (70 tahun) dan Ibtiah (63 tahun) warga Kampung Pasir Malang RT 07 RW 03, Desa Langkap Jaya, Kecamatan Lengkong, Kabupaten...

SUKABUMIUPDATE.com - Delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Sukabumi terpaksa melakukan perhitungan ulang akibat termakan informasi hoaks di grup WhatsApp.  Pesan hoaks tersebut berisi "Jadi kalo kita nyoblos caleg...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya