Light Dark

Si Nyai Mau Bertelur? Buaya Penunggu Sungai Cikaso Sukabumi Mulai Cari Sarang

Sukabumi | 01 Dec 2020, 14:48 WIB

Si Nyai Mau Bertelur? Buaya Penunggu Sungai Cikaso Sukabumi Mulai Cari Sarang

Sukabumi | 01 Dec 2020, 14:48 WIB
Buaya di Sungai Cikaso Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor buaya kembali terlihat di sungai cikaso yang berada di Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Kemunculan buaya ini pun tersebar melalui foto yang beredar di sejumlah grup WhatsApp.

Ketua RT 01/04 Desa Cibitung Engkus Kusnadi mengatakan, berdasarkan penuturan warga yang biasa hilir mudik menyeberangi sungai cikaso, kemunculan buaya ini sudah berlangsung selama hampir satu pekan.

"Buaya tersebut hampir tiap hari muncul ke darat. Munculnya di lokasi Batu Dua Cianga, sekitar 1,5 kilometer dari Dermaga Cikaso, masuk kawasan Perhutani perbatasan Desa Cibitung dengan Desa Sumberjaya Kecamatan Tegalbuleud," ucap Engkus kepada sukabumiupdate.com, Selasa (1/12/2020).

Selain di sana, lokasi lain yang menjadi tempat munculnya buaya ini adalah Kadudahung dan Ciseureuh. Engkus menyebut, bila buaya itu mulai ke daratan, biasanya ia akan bertelur di lokasi yang dipilihnya, antara lain di Cianga, tepatnya di pasir tepi sungai.

"Biasanya Si Nyai akan bertelur mencari lokasi yang aman dan sepi," jelasnya. Warga biasa menyebut buaya muara (crocodylus porosus) di sungai cikaso ini dengan nama Nyai.

Anak buaya Sungai Cikaso Sukabumi yang ditemukan beberapa waktu lalu. Sumber foto: Istimewa

BACA JUGA: Nyi Ono, Ini Cerita Dibalik Nama Buaya Sungai Cikaso Sukabumi

Bagi warga di bantaran Sungai Cikaso, baik wilayah Desa Cibitung maupun Desa Sumberjaya, kemunculan buaya sudah menjadi hal biasa dan selama ini tidak membahayakan, selagi warga pun tidak mengganggu kehidupannya.

"Selama ini tidak ada cerita buaya menyerang warga, bahkan sebelumnya warga sering melihat dua ekor buaya besar yang sedang berjemur di atas Batu Dua Cianga di tengah sungai," ungkap Engkus.

Tahun lalu, buaya Sungai Cikaso berhasil ditangkap oleh warga di kolong Jembatan Cikaso, tepatnya di perbatasan Kecamatan Cibitung dengan Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. Buaya itu kemudian diberi nama Nyi Ono.

Buaya dengan berat 20 kilogram itu berada di kolam ikan milik Ahyar ( 62 tahun), di Kampung Ciniti RT 09/01, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung.

Beberapa waktu sebelum itu, seekor anak buaya Sungai Cikaso juga ditemukan saat terjadi banjir di wilayah tersebut. Warga menduga, anak buaya dan buaya yang ditemukan tahun lalu di kolong jembatan Cikaso merupakan anak dari buaya yang sekarang muncul ke daratan.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter