Karyawan Waralaba di Sukabumi Meninggal Akibat Covid-19? Ini Penjelasannya

Rabu 18 November 2020, 15:21 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Sejumlah grup whatsapp warga kembali diramaikan dengan kabar meninggalnya seorang karyawan waralaba di salah satu mall di Kota Sukabumi yang terkonfirmasi positif covid-17. Kabar menyebar cepat dengan narasi meminta warga untuk tidak dulu mendatangi mall tersebut, karena adanya karyawan waralaba cepat saji yang meninggal dunia karena corona.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, dr Rita Fitri Rita menyayangkan jika kemudian muncul informasi soal kematian yang menimbulkan kepanikan warga. Tak perlu ada narasi melarang warga ke mall karena manajemen waralaba, mall dan satgas sudah bergerak cepat untuk menanggulangi potensi penyebaran.

“Hari ini kami mendapat laporan sudah ada penutupan sementara waralaba tersebut untuk memudahkan proses tracing, tracking dan testing. Manajemen waralaba dan mall juga sudah melakukan proses sterilisasi peyemprotan disinfektan,” sambung dr Rita.

Selanjutanya seluruh karyawan waralaba yang masuk kategori kontak berat dengan pasien terkonfirmasi akan diminta untuk isolasi mandiri sambil menunggu hasil uji PCR yang akan dilakukan satgas covid-19 Kota Sukabumi. Rencananya semua karyawan yang kontak erat akan di swab Kamis besok (19/11/2020), termasuk keluarga pasien. 

“Mereka diminta untuk isolasi mandiri selama menunggu hasil swab test PCR keluar. Selama proses ini kita minta waralabanya tidak beroperasi dulu, kecuali manajemen mau memperkerjakan karyawan lain yang tidak masuk kategori kontak erat berdasarkan hasil tracing,” ungkap Rita yang juga menjabat sebagai Kadinkes Kota Sukabumi.

Kategori kontak erat dalam kasus covid-19 menurut pedoman kementrian kesehatan RI, adalah i orang yang berada 6 kaki atau 1,8 meter dari orang terinfeksi selama waktu kumulatif 15 menit atau lebih dalam durasi 24 jam, dimulai dari 2 hari sebelum muncul gejala hingga pasien diisolasi. Pada pasien asimptomatik atau tak bergejala, dihitung 2 hari sebelum spesimen diperiksa. 

BACA JUGA; Update 18/11: 222 Orang Diisolasi, Kematian Pasien Positif Covid-19 Kota Sukabumi Bertambah

 “Intinya tidak perlu panik, covid-19 ini nyata. Selalu disiplin dalam melakukan protokol kesehatan. 3 M ples menjaga imunitas dan kesehatan tubuh menjadi kunci utama untuk terhindar dari potensi terpapar corona saat ini,” tegas dr Rita Fitri.

Kadinkes membenarkan adanya kasus kematian pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang diumumkan dalam update data hari ini, Rabu tanggal 18 November 2020. Pasien tersebut sempat dirawat di salah satu rumah sakit swasta rujukan covid-19 di Kota Sukabumi.

Pasien tersebut adalah laki-laki berusia 47 tahun dengan domisili di Kecamatan Cibereum. Menurut Rita, pasien tersebut meninggal dunia dengan status tanpa komorbid atau penyakit penyerta. “Diagnosa Pheumonia covid-19,” jelas Rita kepada sukabumiupdate.com, Rabu (18/11/2020) malam.

Ia menambahkan bahwa dalam kasus tanpa komorbid, covid-19 itu bisa menimbulkan kerusakan fungsi organ yang berakibat fatal (kematian). “Covid-19 itu efeknya sangat banyak . Bisa pneumonia , penyumbatan pembuluh darah, gagal ginjal. Namun sebagian besar dari infeksi paru, untuk memastikan penyebab kematian secara medis perlu otopsi,” sambung Rita.

BACA JUGA: 80 Pegawai Pemkot Sukabumi Terpapar Corona, 20 Orang Masih Diisolasi

Ia menambahkan pasien tersebut memang berhubungan dengan salah satu waralaba yang berada disalah mall di Kota Sukabumi. “Iya karyawan salah satu waralaba yang berada di salah satu mall di Kota Sukabumi,” ucapnya.

Sementara manajer mall, Irwansyah membenarkan jika mereka sudah melakukan langkah langkah sterilisasi untuk memutus matas rantai penularan virus corona bersama dengan manajemen waralaba tersebut. 

"Hari ini storenya tutup untuk stock opname, sudah kami bantu juga lakukan disinfectan seluruh area store dan mall, karena memang kebetulan hari ini juga jadwal rutin penyemprotan disinfektan,” jelas Irwansyah kepada sukabumiupdate.com, Rabu malam.

Ia juga menjelaskan bahwa semua karyawan waralaba (7 orang) sudah lakukan rapid test dengan hasil Non reaktif. “Kami juga sudah koordinasi dengan gugus covid dan akan dilakukan swab test besok (Kamis), tempat masih menunggu konfirmasi gugus covid,” pungkasnya.

Sedangkan supervisor waralaba tersebut N (inisial) menegaskan pihaknya secara resmi belum menerima hasil swab dari salah satu karyawannya yang meninggal dunia. “Tadi tutup hanya antisipasi aja sama semprot disinpektan. Kita tutup karena perintah dari kantor sebagai langkah antisipasi,” jelasnya.

Ia termasuk satu diantara tujuh karyawan yang besok akan melakukan swab test PCR karena masuk ketagori kontak erat dari pasien yang meninggal.  “Saya juga besok di swab,” pungkasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)
Life03 Mei 2024, 10:20 WIB

Bantu Kelola Kecemasan, Ini 4 Manfaat Mendisiplinkan Anak yang Patut Diketahui

Bagaimana disiplin mengajarkan anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, berikut manfaat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi manfaat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Pixabay
Life03 Mei 2024, 10:03 WIB

Jangan Diterapkan, 3 Alasan Orang Tua Mendisiplinkan Anak dengan Memukul

Memukul adalah salah satu bentuk disiplin paling kontroversial yang dapat diterapkan oleh orang tua karena beberapa alasan.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez