80 Pegawai Pemkot Sukabumi Terpapar Corona, 20 Orang Masih Diisolasi

Rabu 18 November 2020, 08:09 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Dinas Kesehatan mencatat sepanjang pandemi,80 pegawai yang bertugas di jajaran Pemerintah Daerah Kota Sukabumi terpapar covid-19. Data terbaru menyebutkan 20 pegawai hingga saat ini masih menjalai isolasi mandiri di rumah masing-masing karena masuk kategori pasien tapa gejala.

80 pegawai Pemkot Sukabumi yang terpapar virus corona ini tersebar di sejumlah instansi termasuk lingkungan balai kota. “Ada yang berstatus ASN (aparatur sipil negara) ada juga yang honorer,” jelas Kadinkes Kota Sukabumi, dr Reni Fitri kepada awak media, Selasa (18/11/2020).

Ke-20 pegawai Pemkot yang saat ini masih diisolasi kondisinya baik dan hanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. “Mereka OTG jadi cukup mengisolasi diri di rumah, mengkonsumsi vitamin dan makanan yang baik, berolahraga ringan selama 14 hari setelah sampel swab diambil,” papar Rita.

Terus terjadinya pegawai pemda yang terpapar corona menurut Rita bukan dikarenakan adanya potensi penularan skala masif (klaster) di lingkungan perkantoran.  Dari hasil tracing, rata-rata pegawai pemkot yang terkonfirmasi positif berstatus kontak erat dari pasien sebelumnya, terutama keluarga.

Pemda sendiri sudah bergerak untuk mengantisipasi penularan di lingkungan kerja, dengan pembagian sistem shift atau wfh bagi yang bisa dilakukan di rumah. Rutin melakukan penyemprotan disinfektan di kantor, dan menerapka disiplin tinggi untuk semua pegawai dan tamu yang berkunjung dalam 3 M (masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Dengan kondisi tanpa pembatasan sosial, potensi penularan bagi siapapun sangat tinggi. Dinas Kesehatanpun makin kesulitan untuk mengetahui dugaan riwayat terpapar dari kasus positif terkonfirmasi swab.

BACA JUGA: Update 18/11: 222 Orang Diisolasi, Kematian Pasien Positif Covid-19 Kota Sukabumi Bertambah

“Kita sudah masuk fase IV, penularan sudah dalam skala komunal atau komunitas. Sulit mengetahui denga tepat dugaan riwayat terpapar apalagi bukan kontak erat. Orang bisa di rumah saja tidak kemana-mana tapi bertemu dengan orang banyak itu sulit dihindari,” pungkas Rita.

Dalam update data harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi mencatat 29 kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 per hari ini, Rabu (18/11/2020). 2 kasus dari Gunungpuyuh, 6 kasus dari Citamiang, 3 kasus dari Baros, 3 kasus dari Cikole, 10 kasus dari Warudoyong dan 5 kasus dari Cibeureum.

Selain itu, Satgas juga mencatat tambahan satu kasus pasien positif Covid-19 meninggal dunia. Namun belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai kasus pasien meninggal dunia tersebut.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:55 WIB

Dua Pemotor Tewas Disambar Kereta Api di Perlintasan Tanpa Palang Pintu di Sukabumi

Dua pemotor yang berboncengan dilaporkan tewas setelah disambar kereta api yang tengah melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi.
Lokasi kejadian dua pemotor disambar kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:08 WIB

Polisi Selidiki Temuan Senjata Api Terkubur di Cisaat Sukabumi, Stand dengan Amunisi Aktif

Pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas penemuan dua senjata laras panjang yang terkubur di dalam tanah lengkap dengan kotak senjata hingga peluru yang masih aktif yang di Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Dua senjata api laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:04 WIB

Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Diduga akibat Selang Bensin Bocor

Berikut kronologi dan dugaan pemicu terjadinya kebakaran angkot di Nagrak Sukabumi.
Tangkapan layar video angkot yang terbakar di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)
Sehat03 Mei 2024, 16:30 WIB

9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk Coba Sederet Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi - Daging Ayam. Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)
Sehat03 Mei 2024, 16:00 WIB

Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas.
Ilustrasi - Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)