Hanguskan 21 Rumah, Warga Kampung Cengkuk Sukabumi Berharap dari Puing yang Tersisa

Sabtu 10 Oktober 2020, 06:25 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah di Kampung Cengkuk, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi pada Kamis (8/10/2020) lalu, menyisakan cerita haru dari warga yang menjadi korban kebakaran tersebut.

Hari ini warga yang menjadi korban kebakaran kembali mendatangi kampungnya yang sudah luluh lantah menjadi arang. Mereka menyisir puing bangunan yang tersisa, berharap masih menemukan harta untuk modal membangun kembali tempat tinggal.

Abun (27 tahun), warga yang rumahnya hangus terbakar mengungkapkan, saat kebakaran terjadi kondisi kampungnya sedang tidak banyak warga pria karena masih bekerja di sawah, termasuk dirinya.

"Saya dari sawah habis kerja, ya sekitar jam 4 itu kejadian api di sini (rumahnya) sudah membesar. Saya mau masuk ke dalam rumah itu dilarang karena api sedang besar-besarnya ditambah angin lumayan kencang juga," ucap Abun kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Kampung Cengkuk Sukabumi Pasca Terbakar, Kondisi Terkini 70 Warga di Pengungsian

"Gak ada yang tersisa, mau masuk ke dalam rumah untuk menyelamatkan barang-barang gak bisa karena api di atas rumah itu sedang besar-besarnya. Saya gak menentu pada saat itu, kacau lah perasaan," sambungnya.

Dijelaskan Abun, banyak barang berharga yang hangus terbakar termasuk perhiasan, seperti gelang, cincin, buku nikah, BPKB motor, STNK, KTP, KK, hingga kartu BPJS.

Sejumlah warga yang memunguti beberapa barang yang tersisa pasca kebakaran di Kampung Cengkuk, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi pada Kamis (8/10/2020).

"Gelang 6 gram, cicin 3 gram, uang di dalam celengan juga gak ada hangus," terangnya.

Sebelum kejadian, Abun mengaku saat itu ia merasa bekerja dalam kondisi lemas. Bahkan, saat istirahat siang hari ia sempat pulang terlebih duhulu ke rumahnya. Namun tidak langsung pulang ke rumah, Abun justru mampir ke rumah neneknya yang berada di bawah kampung Cengkuk.

"Gak tau bakalan ada kejadian seperti ini, gak pulang dulu. Pas pulang kerja itu gak langsung pulang juga, bercanda dulu sama temen. Pas liat ke sini saya langsung lemes liat api sudah besar di atap rumah," bebernya.

BACA JUGA: 21 Rumah di Kampung Cengkuk Terbakar, BPBD Sukabumi Dirikan Tenda Darurat

"Habis semua pokonya gak ada yang tersisa. Hanya pakaian di badan, pasrah aja yang penting keluarga selamat. Kalau harta kan kalau diberikan umur panjang, diberikan rizki masih bisa dicari lagi, nyawa kan gak ada gantinya," pungkas Abun menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, bencana kebakaran yang menghanguskan 21 rumah di Kampung Cengkuk, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi menyebabkan 21 kepala keluarga dengan total 70 jiwa, terdampak dan mengungsi.

Herman (50 tahun) menuturkan, besarnya api disertai angin kencang saat kebakaran itu terjadi, membuat 21 rumah warga yang posisinya berdekatan hangus kurang dari satu jam.

"Saya gak ada di rumah saat kejadian lagi di Cicemet. Mendapat kabar langsung pulang, sampai ke sini bangunan rumah sudah rata dengan tanah," ujarnya.

"Alhamdulillah istri saya selamat, cuma barang-barang rumah gak ada yang bisa diselamatkan karena istri saya punya lemah jantung, itu ditolong sama warga," jelasnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 17:04 WIB

6 Cara Ampuh Mencegah Ular Masuk Rumah, Yuk Terapkan Sekarang Juga!

Mencegah ular masuk ke dalam rumah keharusan yang harus dilakukan untuk antisipasi lebih awal. Maka penting diketahui setiap pemilik rumah.
Ilustrasi. Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. (Sumber foto : Pexels/Pixabay)
Musik28 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?

Viral di TikTok jadi Lagu Galau, Inilah Lirik Lagu Dygta feat Kamasean: Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?
Video Klip Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu? (Sumber : YouTube/HaloEntertainmentIndonesia (HEI))
Nasional28 Maret 2024, 16:42 WIB

UU DKJ Disahkan: Pilgub Jakarta Dipilih Langsug, Bagaimana Wacana Sukabumi Masuk Aglomerasi?

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi undang-undang.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist
Sehat28 Maret 2024, 16:30 WIB

Mencegah Asam Lambung Naik: 7 Kebiasaan Ini Harus Anda Lakukan Jika Ingin Sembuh

Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life28 Maret 2024, 16:12 WIB

6 Cara Melatih Diri Agar Lebih Dewasa Secara Emosional, Terapkan Kebiasaan Ini!

Untuk menjadi lebih dewasa seseorang harus melakukan kebiasaan sehari-hari yang membantu proses tersebut. Yuk simak sederet cara agar lebih dewasa secara emosional berikut ini!
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto
Life28 Maret 2024, 16:00 WIB

Sikapnya Beda Bund! Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder

Jika Ayah Bunda menduga bahwa anak mungkin mengalami Anxiety Disorder, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder, Sikapnya Beda. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi28 Maret 2024, 15:55 WIB

Apresiasi Pengesahan UU Desa, Apdesi Sukabumi Siap Kawal Pembentukan Regulasi Turunannya

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC Apdesi) Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPR dan Pemerintah.
Deden Deni Wahyudin, Ketua APDESI Kabupaten Sukabumi | Foto : dok.Sukabumi Update
Sehat28 Maret 2024, 15:39 WIB

Air Rebusan vs Air Galon untuk Minum Lebih Sehat Mana? Simak Penjelasannya!

Updaters harus mengetahui plus minus meminum air rebusan dan air galon agar tidak salah memilih untuk konsumsi rumah tangga.
Ilustrasi. Air minum. Perbedaan air rebusan dan air galon. Sumber foto : Pixabay/Pexels
Sehat28 Maret 2024, 15:30 WIB

5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah

Berikut ini berbagai infused water yang bisa membantu mengatasi serangan asam urat
Ilustrasi - 5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah (Sumber : Freepik/picoftasty)
Keuangan28 Maret 2024, 15:15 WIB

Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil?

Warganet ramai membahas pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dengan skema terbaru khususnya yang diterapkan pada bulan diterimanya THR 2024
Ilustrasi - Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil? (Sumber : Freepik)