Menu

10 Agu 2020, 13:30 WIB

Tanggul Penahan Ombak Pantai Citepus Sukabumi Ambruk Dihantam Gelombang Pasang

Gelombang pasang menghantam Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi menyebabkan tanggul penahan ombak ambruk. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggul penahan ombak di sekitar objek wisata Pantai Citepus Istiqomah, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi ambruk setelah diterjang gelombang pasang.

Kepala Operasional dan Sumberdaya Manusia Balawista Asep edom Saepulloh, mengatakan ambruknya tanggul penahan ombak tersebut mulai terjadi sejak Sabtu (8/8/2020) malam sekitar pukul 19.00 WIB dan kerusakan tanggul semakin parah pada Senin (10/8/2020) pagi. 

BACA JUGA: Penjaga Pantai Siaga, Gelombang Pasang Landa Pesisir Selatan Sukabumi

"Kejadian ini hari kedua tanggul ambruk, kemarin hanya sebagian namun puncaknya tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB," ujar Asep Edom, Senin (10/8/2020).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. "Tanggul yang ambruk perkiraan saya kurang lebih sekitar 100 meter, posisinya di sebelah barat samping pos Balawista," sambungnya.

BACA JUGA: Gelombang Pasang di Ujung Genteng Sukabumi, Puluhan Perahu dan Warung Wisata Rusak

Masih kata Asep, dalam beberapa hari air laut mengalami pasang, ombak cukup besar dan mengikis pasir ke arah barat membuat pondasi tanggul ikut tergerus.

"Sejauh ini kerusakan hanya fisik bangunan tanggul, karena warung musiman yang biasa berada di pinggir pantai jauh-jauh hari sudah dibongkar para pemiliknya," jelasnya.

BACA JUGA: Penuturan Keluarga Para Pemancing yang Terjebak Gelombang Pasang di Sukabumi

Sementara itu, warga Hendi (37 tahun) mengatakan gelombang pasang menyebabkan air laut di pantai naik kedaratan. "Yang mengalami kerusakan dan menggerus pasir hanya di wilayah ini aja, karena disitu terbentuk arus yang kuat dan besar air itu benar benar kedaratan," singkatnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pekerjaan konstruksi jembatan Proyek Japek II Selatan milik PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) pada Ramp 4, tepatnya berada di kilometer 76+200 Jalan Tol Cipularang akan dilanjutkan kembali....

SUKABUMIUPDATE.com - Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) berhasil menjuarai balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona, Spanyol, Ahad, 27 September 2020. Ia mengungguli Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Alex Rins (Suzuki...

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 3.874 orang pada Ahad, 27 September 2020. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sebanyak 10 provinsi...

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam sebuah video konferensi pers yang dirilis oleh penyelenggara MotoGP kemarin (26/9/2020), Valentino Rossi rupanya mengaku kangen untuk bisa balapan di Indonesia. Melansir Suara.com, pembalap yang baru saja...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya