Menu

06 Agu 2020, 15:20 WIB

Berkarat dan Mogok, Seperti Ini Nasib Truk Bantuan dari Pemerintah untuk Desa di Sukabumi

Kondisi truk milik Desa Sekarsari berada di Desa Balekambang, Kecamatan Kalibunder. Truk nampak tak terurus, seluruh bagian berkarat serta dipenuhi rerumputan liar. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi memprihatinkan dialami dua truk Hino bantuan dari pemerintah untuk Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu dan Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. 

Truk bantuan Dishubkominfo dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2012 yang disalurkan ke desa di daerah pajampangan itu, terbengkalai saat ini.

BACA JUGA: Dishub Kabupaten Sukabumi Tarik Truk Barang Bukti Illegal Logging di Mapolsek Surade

Satu truk yang diberikan untuk Desa Sukamanah berada di Terminal Cimanggu, Desa Boregahindah, Kecamatan Cimanggu. Sedangkan satu truk milik Desa Sekarsari berada di Desa Balekambang, Kecamatan Kalibunder. Truk nampak tak terurus, seluruh bagian berkarat serta dipenuhi rerumputan liar. 

Mesin dari kedua truk ini pun sudah tak berfungsi alias mogok. 

Kondisi memprihatinkan dialami truk bantuan dari pemerintah untuk Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu.

BACA JUGA: Polres Sukabumi Kirim Dua Truk Bantuan Logistik untuk Korban Bencana di Bogor

Kepala Desa Sukamanah, Rahmat Kurnia, membenarkan bahwa truk tersebut bantuan untuk Pemdes Sukamanah. Saat itu, bantuan diterima oleh kades yang sebelumnya menjabat.

Rahmat juga mengatakan, truk tersebut juga sudah mogok sejak kades sebelumnya itu. Dia memperkirakan lebih dari 6 bulan truk berada di Terminal Cimanggu. "Truk tersebut sudah mogok semenjak kepala desa yang lama. Diperkirakan hampir 6 - 7 bulan posisinya berada di terminal Cimanggu," jelasnya.

BACA JUGA: Ada Truk Mogok, Penampakan Arus Lalin Parungkuda Kabupaten Sukabumi Pukul 09.30 WIB

Pemdes, kata Rahmat tidak diam dengan keadaan truk tersebut. "Untuk langkah selanjutnya kami akan bermusyawarah, apakah truk tersebut diperbaiki atau dikembalikan ke Dishub," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Balekambang, Sarip mengatakan tidak tahu awal mula truk milik Desa Sekarsari bisa berada di desanya. 

Sarip mengatakan, truk tersebut milik pemdes Sekarsari, ketika desa Sekarsari dijabat oleh kades yang sebelumnya. Kemungkinan, kata Sarip, kades Sekarsari yang dulu itu ada kerjasama dengan kades Balekambang yang sebelumnya menjabat. Sehingga truk Desa Sekarsari itu ada di Desa Balekambang dan saat ini terbengkalai. 

BACA JUGA: Truk Pengangkut Abu Batu Kapur Mogok di Parungkuda Sukabumi, Arus Lalu Lintas Tersendat

 "Kami tidak tahu persis, apakah ada kerjasama antar kepala desa terdahulu," jelasnya.

Saat Sarip sebagai kades Balekambang yang baru melakukan sertijab dengan kades Balekambang yang sebelumnya, tidak ada serah terima aset truk tersebut. 

Sarip sempat menanyakan status kendaraan tersebut kepada Dishub Kabupaten Sukabumi. Dishub, kata Sarip, menjelaskan memang benar truk tersebut milik Desa Sekarsari. "Dari keterangan Dishub, bahwa kendaraan tersebut bukan milik Desa Balekambang, itu aturannya antar Kepala Desa Balekambang yang dulu, dengan Kades Sekarsari yang dulu," bebernya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tim peneliti di Pusat Nasional Medis dan Kesehatan Global, Jepang, mengembangkan tes darah yang bisa dijadikan sebagai peringatan dini kasus parah Covid-19. Cara ini sangat membantu di...

SUKABUMIUPDATE.com - Penambahan kasus positif Covid-19 di tanah air beberapa hari terakhir nyaris mencapai angka 5 ribu. Sabtu (26/9/2020) per pukul 12.00 WIB saja kasus positif bertambah sebanyak 4.494...

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi unjuk rasa yang dilakukan warga Kampung Padaraang, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, terkait tidak berfungsinya tower Base Transceiver Station (BTS) salah satu provider, mendapat tanggapan pihak...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Ayep Zaki menjadi pembicara dalam acara pelantikan dan rapat kerja Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kota Sukabumi, Sabtu (26/9/2020). Pria yang akrab...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya