Light Dark

Gempa 4.8 Magnitudo Kejutkan Warga Pesisir Sukabumi Sebelum Jumatan

Sukabumi | 10 Jul 2020, 05:27 WIB
Grafis gempa 10 juli 2020 di pesisir selatan Sukabumi | Info gempa dunia (BMKG)

SUKABUMIUPDATE.com – Warga pesisir selatan Kabupaten Sukabumu dikejutkan dengan getaran gempa yang terjadi sebelum pelaksanaan sholat Jumat (10/7/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa dengan magnitudo 4.8 (update terbaru) terjadi pukul 11:55:56 WIB dengan episentrum di perairan pesisir selatan Sukabumi, sekitar Tegalbuleud. 

Akun info gempa dunia merilis, gempa ini terjadi berlokasi di 7.74 Lintang Selatan, 106.89 Bujur Timur. Atau 88 kilometer Barat Daya Sukabumi Jawa Barat dengan kedalamann 10 kilometer. Warga Palabuhanratu dan Kecamatan Ciracap melaporkan getaran gempa.

"Saya mau berangkat ke masjid, lagi duduk di kursi tiba tiba terasa bergetar, saya pas lihat daun pintu juga bergetar, gempa,” jelas Mohammad Fikri Fauji (21 tahun) warga lapang Cangehgar Palabuhanratu kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: BMKG Beberkan Fakta Rentetan Gempa Bumi 7 Juli

Saat itu menurut Fikri, ia tengah duduk di kursi di dalam tempat kerjanya.  "Rekan rekan kerja juga langsung berdiri dan teriak gempa..! gempa..!, getaran sebentar paling 2-3 detik lah," tandasnya.

Hal yang sama juga dilaporkan oleh Mulyadin (35 tahun) warga Padajaya Jampangkulon, yang sedang berada di warung kopi Kampung Cigebang Desa Ujunggenteng Kecamatan Ciracap. “Saya mau ke kamar mandi tapi habisin kopi dulu. Tiba tiba warung bergetar lumayan besar tapi tak lama,” jelasnya.

Getaran cukup besar ini juga dilaporkan Yayat Supriatna, Kordinator Tolget Pantai Ujunggenteng. “Pas mau berangkat Jumatan merasa ada getaran, dua detikanlah tidak lama,” pungkasnya.

 

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Reporter