Menu

23 Mar 2020, 20:10 WIB

Ragam Informasi Hoaks Terkait Penanganan Covid-19 di Kota Sukabumi, Ini Lebih Dramatis

Postingan warganet menunjukan seorang pria tergeletak di deretan ruko Jalan Siliwangi Kota Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah Pandemi Covid-19 atau virus corona yang seharusnya membuat kita semakin jeli dalam menyebarluaskan informasi, justru dalam dua hari terakhir ini setidaknya ada tiga informasi hoak, informasi tidak tepat yang berpotensi menimbulkan keresahan atau kepanikan seputar Corona di Kota Sukabumi.

Pertama, salah satu pembaca sukabumiupdate.com mengirimkan sebuah pesan via fanpage facebook. Pembaca tersebut, mempertanyakan ihwal kebenaran informasi yang ia dapatkan berupa sebuah foto.

BACA JUGA: Posting Positif Corona di Tamanjaya Sukabumi, Pemilik Akun: Mohon Maaf Bikin Resah

Foto tersebut menunjukkan ada seseorang yang tergeletak di depan deretan ruko Jalan Siliwangi Kota Sukabumi. Pembaca tersebut juga menyampaikan bahwa foto itu diambil dari sekitar ruko imaji. Dalam foto yang dikirimkan kepada tim sukabumiupdate.com, Senin (23/3/2020) pukul 18:44 WIB itu , terdapat narasi sebagai berikut:

#sukabumilawancorona

Dan yg ini baru kejadian tadi malem, sama juga tiba⊃2; pingsan, dan belum tau apa penyebabnya. Video ini diambil sama pegawai ku juga dekat imaji photo. Plisss kalo ga penting⊃2; banget jangan keluar dari rumah ya temen-temen

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Media Center Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana mengatakan, kasus dalam foto tersebut dipastikan bukan berhubungan dengan Covid-19.

"Tidak ada laporan dari rumah sakit terdekat atau di Kota Sukabumi yang melaporkan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) lagi ke kita. Jadi kasus tersebut di pastikan bukan berhubungan dengan Covid-19," kata Wahyu kepada sukabumiupdate.com, Senin (23/3/2020).

BACA JUGA: PT Longvin Sukabumi Cari Pemilik Akun Penyebar Hoaks Buruh Kena Corona

Informasi yang kedua, beredar sebuah narasi yang mengatakan terdapat pasien positif virus corona di RSUD Al-Mulk Kota Sukabumi. Narasi tersebut ditulis di jejaring sosial media facebook oleh akun Luthpi Hapidudin Cinta Yatim

Berikut narasi status tersebut:

Info penting.. bagi warga lembursitu..hari ini ada pasien positif corona di rumah sakit al mulk.. diharapkan untuk keluar rumah pakai masker, fan jangan dulu keluar rumah sampai siang jam 12. SETELAh pasiennya ke bunutkan..

JAGA keluarga, dan lingkungan masyarakat..lembursitu dalam pantauan virus corona.

Menanggapi hal itu, Wahyu juga menegaskan bahwa narasi tersebut merupakan hoaks. Ia menegaskan, jangankan pasien yang positif virus corona, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 pun saat ini tidak ada yang dirawat di RSUD Al-Mulk. "Hoaks. Sementara enggak ada. Bahkan postingan saat ini sudah dihapus oleh pemilik akun," tegas Wahyu.

BACA JUGA: Pemkot Sukabumi Bentuk Media Center Covid-19, Fahmi: Lawan Hoaks!

Informasi yang ketiga, akun facebook RSI Assyifa menyampaikan klarifikasi terkait berita yang beredar terkait pasien positif corona. Klarifikasi tersebut diunggah pada tanggal 22 Maret 2020 pukul 13.09 WIB.

Berikut klarifikasinya:

Mengklarifikasi berita yang telah beredar disertai foto2 area RSI Assyifa maka bersama ini Kami sampaikan bahwa Alhamdulillah sampai dengan saat ini tanggal 22 Maret 2020 jam 13.00 WIB, tidak ada Pasien Positif Corona di RSI Assyifa Sukabumi.

Adapun pada hari Sabtu lalu tanggal 21 Maret 2020, Kami sedang melakukan upaya pencegahan dengan melakukan desinfeksi di beberapa area pelayanan juga pemberlakuan social distancing ruang tunggu area pelayanan rawat jalan.

Mari kita bersama-sama melakukan upaya pencegahan penularan virus covid-19 sebagaimana yg telah dihimbau dan diketahui bersama. Semoga Allah memberi perlindungan dan kesehatan dari wabah penyakit khususny virus covid-19.

Demikian informasi, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Untuk catatan, bahwa sampai hari ini, tidada satupun pasien dalam pengawasan covid-19 baik di Kota ataupun Kabupaten Sukabumi yang dinyatakan positif corona.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ada kalanya Anda kehabisan ide pembicaraan saat bersama pasangan. Padahal ada banyak topik pembicaraan yang bisa mendekatkan hubungan dengan pasangan. Dilansir dari tempo.co, cara mencari topik pembicaraan...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga negara asing asal Rusia bernama Maksim Markelov (24) diduga membuat keonaran dan dianggap meresahkan masyarakat di Kawasan Pererenan, Mengwi, Badung, Bali. "Iya, jadi Tim Pengawasan Orang Asing...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua Ombudsman Lely Pelitasari Soebekty mengatakan ada indikasi komersialisasi penggunaan alat rapid test Covid-19. “Karena bisa jadi ini hukum ekonomi bekerja,” kata Lely dalam diskusi Perspektif...

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu resep tertua dari makanan manusia berupa adonan yang terdiri dari air dan tepung. Perpaduan dua bahan itu menciptakan rupa yang tak menggugah selera sama sekali:...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya